Pesiar Terobosan Terbaru BPJS Kesehatan Palembang Kejar UHC

Pesiar Terobosan Terbaru BPJS Kesehatan Palembang Kejar UHC

Ilustrasi--dok : sumeks.co

Pesiar Terobosan Terbaru BPJS Kesehatan Palembang Kejar UHC

PALEMBANGBPJS Kesehatan Cabang Palembang, buat terobosan terbaru untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) menjadi 98 persen. 

Terobosan tersebut yakni Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (Pesiar).

“Program ini bentuk sinergi dan upaya bersama Pemkab mewujudkan tercapainya cakupan UHC yang memenuhi tiga indikator dari World Health Organization (WHO),” Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Sari Quratulainy, dikutip dari sumateraekspres.id, Jumat, 9 Juni 2023.

 Indikator tersebut adalah tercapainya cakupan pelayanan kesehatan dasar, perlindungan risiko finansial akibat sakit, serta adanya keadilan dalam mengakses pelayanan kesehatan. 

BACA JUGA:Capaian UHC Palembang 99 Persen, Lampaui Nasional

Di antaranya bekerja sama dengan Pemkab Banyuasin memastikan seluruh masyarakat terlindungi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Tercatat per 1 Juni 2023, jumlah cakupan peserta JKN Kabupaten Banyuasin sebesar 750.658 jiwa dari total jumlah penduduk 826.755 atau sebesar 90,80 persen. Artinya untuk menuju UHC masih diperlukan 4,2 persen jumlah penduduk atau sekitar 34.723 jiwa.

Salah satu desa di Kabupaten Banyuasin yang menjadi pilot project Program Pesiar adalah Desa Lalang Sembawa. Harapannya dengan program ini akan mendorong desa-desa lain di kabupaten untuk meningkatkan jumlah kepesertaan dan mendongkrak capaian kepesertaan JKN.

“Strategi pertama Program Pesiar yaitu memetakan data penduduk yang belum menjadi peserta JKN. Kedua menyisir masyarakat desa hasil pemetaan, ketiga melakukan advokasi atau sosialisasi masyarakat, keempat mendaftarkan masyarakat menjadi peserta JKN. Jika seluruh strategi ini dijalankan dengan baik, saya yakin cakupan kepesertaan JKN meningkat dan UHC dapat terealisasi,” jelas Sari.

BACA JUGA:Yuk...Intip Cara Mudah Cek Keaktifan Peserta BPJS Kesehatan Kamu, Agar Tidak Was-Was...

Bupati Banyuasin Askolani mengatakan untuk meningkatkan capaian kepesertaan maupun pendapatan Program JKN pada semua segmen baik dari PPU, PBI, maupun PBPU dimana selama ini kepesertaan JKN terus berproses meningkat, namun proses pendaftaran diperlukan sinergi positif serta rencana aksi nyata dalam menyelesaikan kendala-kendala.

Kabupaten Banyuasin memiliki 21 Kecamatan dan 288 desa dimana capaian kepesertaan JKN sebesar 90,80 persen.

Dilihat dari data tersebut capaian kepesertaan JKN sudah tergolong optimal namun hal ini perlu ada daya dorong yang lebih untuk mencapai UHC, sehingga menjadikan sinergi posistif dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: