Sekarang Wilayah Pusat Kerajaan Sriwijaya Sudah Jadi Lima Provinsi

Sekarang Wilayah Pusat Kerajaan Sriwijaya Sudah Jadi Lima Provinsi

Peninggalan kerajaan sriwijaya--

Sekarang Wilayah Pusat Kerajaan Sriwijaya Sudah Jadi Lima Provinsi

SUMEKS.CO - Abad ke 7 hingga abad ke-12 masa keemasan Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Budha itu merupakan salah satu kerajaan maritim terkuat yang menguasai Nusantara. Kerajaan Sriwijaya berpusat di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel). 

Lalu, abad 13 hingga 14, Kerajaan Sriwijaya runtuh, kemudian wilayahnya masuk dalam wilayah Kerajaan Majapahit.

Saat ini wilayah kerjaan besar yang dikenal menguasai lautan, sudah menjadi wilayah lima provinsi di Indonesia, yakni Sumsel, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung. 

BACA JUGA:Inilah Deretan Masjid Destinasi Wisata Religi yang Menarik Dikunjungi Wisatawan di Provinsi Sumsel

Setelah proklamasi dibacakan Soekarno 17 Agustus 1945, 5 tahun kemudian atau tepatnya 12 September 1950, terbentuk Provinsi Sumatera Selatan. Wilayah provinsi merupakan wilayah pusat Kerajaan Sriwijaya, dengan Palembang sebagai ibukota. 

Dengan pertimbangan sejarah, kesamaan budaya dan bahasa, lima wilayah ini disatukan dalam satu wilayah administrasi pemerintahan. Namun, seiring perkembangan, lima wilayah ini pun mulai dimekarkan. 

Jambi sebagai wilayah pertama yang memisahkan diri dari Sumsel, tanggal 6 Januari 1957. Hasil sidang Badan Kongres Rakyat Djambi sepakat membentuk wilayah administrasi sendiri.

Menyusul Lampung, tanggal 18 Maret 1964, memisahkan diri menjadi provinsi tersendiri melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1964.

BACA JUGA:5 Deretan Surga Tersembunyi di Kabupaten OKU yang Patut Dicoba, Nomor 5 Bisa Sembuhkan Penyakit Kulit

Berlanjut Bengkulu tiga tahun kemudian, juga membentuk provinsi sendiri, atau dengan lahirnya Undang-undang Nomor 9 tahun 1967.

Saat awal pemekaran, Provinsi Bengkulu hanya terdiri satu kota mayda dan tiga kabupaten, yakni Kota Madya Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong dan Kabupaten Bengkulu Selatan. 

Masuk masa reformasi, atau tepatnya tanggal 9 Februari 2001, Provinsi Bangka Belitung juga disahkan. Provinsi termuda di wilayah Sumbagsel ini menetapkan Pangkal Pinang sebagai ibukota. 

Demikian sejarah singkat wilayah pusat kerajaan maritim terbesar di Nusantara, bahkan dunia, yang sudah membentuk lima wilayah administrasi pemerintahan. Semoga menambah wawasan anda. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: