Tegah Ya, Ustaz Ini Tak Percaya Wali Songo, Langsung Dibungkam Buya Yahya

Tegah Ya, Ustaz Ini Tak Percaya Wali Songo, Langsung Dibungkam Buya Yahya

Ustaz DR Firanda Andirja MA tidak percaya Wali Songo sebagai penyebar agama IsIam di Indonesia.--

Tegah Ya, Ustaz Ini Tak Percaya Wali Songo, Langsung Dibungkam Buya Yahya

SUMEKS.CO - Beredar video Ustaz DR Firanda Andirja MA tidak percaya Wali Songo sebagai penyebar agama IsIam di Indonesia. Meski perjalanan dakwah Wali Songo dicatat dalam sejarah penyebaran agama IsIam di Indonesia. 

Bahkan Ustaz Firanda menantang untuk bisa membuktikan Wali Songo penyebar Islam di Indonesia. Dia juga minta tunjukkan silsilah penyebaran Islam di Indonesia. 

"Mana dalilnya sebutkan? Sebutkan sanad anda. Bahwa saya telah mendengar dari bapak saya, kakek saya dari buyut saya, buyut saya dari enjit enjit enjit. Bahwasanya dari Paijo, Paimin dan Juminten, dia melihat Sunan Kalijaga di pinggir kali, dia bertapa kemudian jadi wali," katanya. 

BACA JUGA:Ketika Raja Jin Takut Terhadap Syekh Abdul Qadir Jaelani, Bahkan Dengar Namanya Saja Langsung Bersujud

"Kalau kamu bisa menyebutkan sanadmu, rangkaian sanadmu, ini derajatnya. Bagaimana, apakah mereka benar semua atau adakah yang tukang dusta. Apalagi ada yang suka nambah nambahi. Apalagi orang kita suka nambahi cerita. Ya makanya ndak bisa Kita benarkan berita tersebut, ini yang nulis siapa?," tanyanya. 

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah yang berpusat di Cirebon Buya Yahya mengatakan, IsIam sudah ada sejak zaman dahulu kala. 

"Kalau bukan Wali Songo lalu siapa yang menyebarkan IsIam di Indonesia?," tanya Buya Yahya. 

Wali Songo menyebarkan IsIam pada abad 14 di Jawa. Para Wali Songo itu tersebar di Jawa Timur, Tengah dan Barat. 

BACA JUGA:Inilah 4 Wali Qutub Penjaga Alam Semesta, Urutan Pertama Diduduki Syekh Abdul Qadir Jaelani RA

"Kalau bertemu ustadz tersebut enak, saya akan bertanya IsIam masuk pertama kali tahun berapa dalam sejarah? Kemudian pertama kali kitab dikarang di Indonesia oleh siapa? Anggap saja yang ngarang orang abad 100 tahun yang lalu. Yang membawa IsIam ke Indonesia siapa? Jin," tegas Buya. 

Dia pun menyatakan, memangnya IsIam masuk ke Indonesia langsung begitu. Dapat ilham langsung masuk islam begitu? Tentu saja yang membawa manusia. 

"Dan siapa manusia itu? Coba mbahmu? Mbahnya dia juga nggak. Ayo yang mengatakan nggak ada wali Songo itu, mbahmu yang masukan IsIam, mbahmu hidup tahun berapa? Coba, Ini adalah asalan orang," tegas Buya. 

"Trus siapa yang masukan IsIam ke Indonesia? Ya Wali Songo sudah masuk dari masa ke masa dan keturunannya pun sampai hari ini ada," jelas Buya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: