Berikut Ini Ritual Umat Buddha Jelang Puncak Waisak 4 Juni 2023 di Borobudur

Berikut Ini Ritual Umat Buddha Jelang Puncak Waisak 4 Juni 2023 di Borobudur

Para Biksu di Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah. Foto: Borobudurnews Instagram--

Berikut Ini Ritual Umat Buddha Jelang Puncak Waisak 4 Juni 2023 di Borobudur 

SUMEKS.CO- Puncak perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Borobudur, adalah pada tanggal 4 Juni 2023 siang ini.

Sejumlah acara menuju puncak digelar. Seperti giat pensakralan Air Berkah dalam rangka peringatan Hari Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Mendut Magelang Jawa Tengah, Sabtu 3 Juni 2023.

Para umat Buddha mengambil air suci. Hakikat air adalah jernih dan bening, sama seperti hati. Dhamma sudah memberikan tuntunan kepada umatnya.

''Mari kita sama sama mendalami dan mempelajari itu. agar kehidupan kita lebih damai dan rukun," ungkap  Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Kementerian Agama Nyoman Suriadarma. "Marilah kita jaga kerukunan umat dan keharmonisan," tambah Nyoman.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Usulkan 32 Narapidana Terima Remisi Khusus Hari Raya Waisak 2023

Hadir Para Biksu Sangha baik dari dalam dan luar negeri, Ketua Panitia Nasional Hari Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 Hartati Murdaya yang sekaligus Ketua Umum Walubi beserta jajarannya, Perwakilan dari Permabudi, Pimpinan Majelis Agama Buddha, serta Tokoh dan Umat Buddha.


Para Biksu mengambil air suci --

BACA JUGA:Para Biksu Menuju Candi Borobudur, Berikut Ini Agenda Detik-Detik Perayaan Waisak 2023

Selain pengambilan air ritual puja dan doa pengambilan Api Dharma dari Mrapen, Purwodadi dan Air Berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah.

Api Dharma dan Air Berkah yang diambil oleh para Biksu Sangha dan Rohaniwan, Majelis-Majelis Agama Buddha kemudian disakralkan dengan beberapa ritual lalu disemayamkan di altar Candi Mendut

Selanjutnya, Api Dharma dan Air Berkah dibawa dengan sejumlah prosesi ke Candi Borobudur pada hari ini Minggu, 4 Juni 2023.

Menurut kepercayaannya, air dan api adalah dua unsur alam yang sangat dekat dengan kehidupan manusia, bahkan menunjang kehidupan manusia. Lalu, apa makna api dan air lebih dalam pada peringatan Waisak?

Bhante Subin, salah seorang perwakilan Bhikkhu Sangha menjelaskan makna api. Menurutnya, Api melambangkan cahaya dalam kegelapan. Hendaknya Api Dharma ini menjadi penerang bagi setiap orang yang melaksanakan Dhamma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: