Inilah Deretan Masjid Destinasi Wisata Religi yang Menarik Dikunjungi Wisatawan di Provinsi Sumsel

Inilah Deretan Masjid Destinasi Wisata Religi yang Menarik Dikunjungi Wisatawan di Provinsi Sumsel

Masjid Cheng Ho Palembang atau yang nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya ini berlokasi di Jakabaring Palembang.--

Inilah Deretan Masjid Destinasi Wisata Religi yang Menarik Dikunjungi Wisatawan di Provinsi Sumsel

SUMEKS.CO - Tidak bisa dipungkiri, pulau Sumatera sebagian besar mayoritas menganut agama Islam sehingga banyak berdiri masjid megah serta bersejarah.

Sehingga, terkadang Masjid tidak hanya sebagai sarana ibadah bagi umat muslim, namun juga masjid-masjid tersebut dijadikan destinasi wisata religi.

Tidak terkecuali Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), juga memiliki sejumlah masjid megah serta bersejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat 2 Juni 2023 berikut daftar lima masjid yang bisa dijadikan destinasi wisata religi di Provinsi Sumatera Selatan.

1. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang atau yang nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya ini berlokasi di Jakabaring Palembang.

Tepatnya yakni di kelurahan 15 Ulu Kecamatan Jakabaring Kota Palembang, atau persisnya didapat Pasar Induk Jakabaring Palembang.

Keunikan arsitektur Masjid Cheng Ho menjadi perhatian tersendiri, dan menjadi salah satu simbol Masjid multikultural di Bumi Sriwijaya.

Diantaranya yakni, arsitektur yang menggabungkan tiga unsur kebudayaan yakni Tiongkok, Arab dan Melayu.

Masjid yang memiliki luas lebih kuran 5 ribu meter persegi ini didominasi corak khas warna merah, bisa menampung lebih kurang 600an jemaah.

Keunikan lain dari Masjid Cheng Ho Palembang yakni terdapat dua menara yang didesign mirip pagoda, dan mempunyai lima tingkatan.

Dua menara tersebut menurut pengelolanya memiliki filosofi dua menara yakni Hablumminallah dan Hablumminannash.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: