Datangi DPRD PALI, Masyarakat Betung Raya Abab Bersatu Persoalkan Ganti Rugi Seismik 3D

Datangi DPRD PALI, Masyarakat Betung Raya Abab Bersatu Persoalkan Ganti Rugi Seismik 3D

Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Forum Betung Raya Abab Bersatu melakukan aksi unjuk rasa menuntut ganti rugi lahan perkebunan. Foto: heru/sumeks.co--

Datangi DPRD PALI, Masyarakat Betung Raya Abab Bersatu Persoalkan Ganti Rugi Seismik 3D

PALI, SUMEKS.CO - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Forum Betung Raya Abab Bersatu melakukan aksi unjuk rasa menuntut ganti rugi lahan perkebunan mereka yang terkena pekerjaan Seismik 3D PT Daqing Citra PTS.

Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan di dua titik yakni di halaman Kantor Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PALI, Selasa 30 Mei 2023.

Massa awalnya mendatangi Kantor Bupati PALI sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka lalu menyampaikan orasi hingga pukul 12.00 WIB. Setelah itu, massa langsung bergeser ke Kantor DPRD PALI.

Dalam orasinya, massa menolak ganti rugi lahan kegiatan seismik 3D itu tetap mengacu pada Pergub Nomor 40 tahun 2017. Karena, nilai ganti rugi dirasa tidak sesuai lagi dan merugikan masyarakat.

BACA JUGA:Dianggap Tidak Membawa Keuntungan, Kegiatan Seismik 3D di PALI Kembali Disoal

Karenanya, massa juga meminta recording dari PT Daqing untuk sementara diberhentikan sampai adanya kejelasan ganti rugi.

"Kami juga menuntut agar PT Daqing membersihkan sampah dan kotoran atau limbah tanah lumpur akibat seismik. Kami meminta kepada DPRD PALI dan Pemkab memberikan solusi terhadap persoalan seismik di PALI," ucap Kordinator Aksi sekaligus Kuasa Hukum dari masyarakat Forum Betung Raya Abab Bersatu Wisnu Dwi Saputra SH.

Setelah berapa lama orasi, massa aksi ditemui Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono, Ketua DPRD Kabupaten PALI, H Asri AG dan Wakil Ketua II, M Budi Khoiru untuk melakukan musyawarah di ruang rapat DPRD PALI.

Massa aksi membubarkan diri setelah ada kesepakatan bahwa DPRD dan Pemkab PALI akan melakukan mediasi antara pihak perusahaan dan masyarakat.

BACA JUGA:Puluhan Warga Desak Ganti Rugi Seismik

"Tadi sudah diterima oleh DPRD Kabupaten PALI, dan akan di pertemukan kembali pada hari Senin depan nanti. Kami akan tunggu keputusannya. Untuk ksi hari ini kami membubarkan diri," kata Wisnu.

Sementara, Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono mengatakan, Pemkab PALI tetap akan menjalin komunikasi terkait apa yang di inginkan masyarakat dan apa yang disikapi pihak perusahaan.

"Besok kami akan mengundang pihak PT Daqing untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dan Senin depan kita akan pertemukan perwakilan pihak perusahaan dan perwakilan masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: