Disnakertrans Muara Enim Kumpulkan Alumni SMA, Dibekali Berbagai Keterampilan

Disnakertrans Muara Enim Kumpulkan Alumni SMA, Dibekali Berbagai Keterampilan

Peserta pelatihan yang digelar Disnakertans Muara Enim.--

Disnakertrans Muara Enim Kumpulkan Alumni SMA, Dibekali Berbagai Keterampilan

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Lulusan SMA sederajat se-Kabupaten Muara Enim dari keluarga tidak mampu mengikuti pelatihan operator alat berat, elektronika service AC, dan otomotif driver, Jumat 26 Mei 2023 di aula Disnaker Muara Enim.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) Muara Enim bekerja sama dengan PT SBS dan instansi terkait lainnya.

"Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyampaikan selamat kepada seluruh peserta pelatihan yang telah berhasil lulus untuk mengikuti program pelatihan dan Pemagangan ini,” ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH didampingi Kadisnaker Muara Enim Hj Siti Herawati SH.

Menurut Riswandar, pelatihan ini pesertanya adalah orang-orang yang terpilih setelah melewati beberapa tahap seleksi. Sebab, untuk pelatihan operator alat berat jumlah pendaftar 559 orang, pendaftar pelatihan otomotif driver 131 orang dan pendaftar pelatihan Elektronika Service AC 36 orang yang berasal dari kecamatan dalam kabupaten Muara Enim.

"Setelah dilakukan tes tertulis dan tes wawancara. Sehingga terjaring 20 orang peserta pelatihan operator alat berat, 16 orang peserta pelatihan otomotif driver dan 16 orang peserta pelatihan Elektronika service AC," ujarnya.

BACA JUGA:Wakil Bupati Lahat Hadiri Pelatihan Konvensi Hak Anak Bagi Tenaga Pendidik Tingkat SMP Se-Kabupaten Lahat

Pelatihan ini, sambung Riswandar, sengaja diselenggarakan secara terpadu, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi calon tenaga kerja, agar siap menghadapi dunia kerja, dapat bersaing dan memiliki produktivitas yang tinggi. Yakni terutama bagi calon tenaga kerja yang berada di Kabupaten Muara Enim.

"Pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berupaya melakukan berbagai program program pelatihan bersifat teknis, manajerial dan peningkatan produktivitas maupun kewirausahaan," terangnya.

Dikatakannya, pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan standar kompetensi kerja yang dirancang sedemikian rupa agar lulusan memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja, terutama untuk kebutuhan operator alat berat, otomotif driver dan elektronika service AC.

"Pemkab sangat menghargai segala upaya yang telah dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan PT Bukit Asam, PT Satria Bahana Sarana dan perusahaan–perusahaan lain yang ada di Kabupaten Muara Enim," terangnya.

Disamping itu, pihaknya juga meminta agar Disnakertrans terus memperluas jaringan dengan perusahaan lainnya, untuk menyelenggarakan program Pelatihan dan pemagangan seperti ini dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR). 

BACA JUGA:20 Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Palembang Ikuti Pelatihan Pembuatan Kain Jumputan

"Mungkin bisa mencapai ratusan bahkan ribuan anak anak kita pencari kerja di Kabuaten Muara Enim dapat mengikuti kegiatan semacam ini,” ujarnya, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Sabtu 27 Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: