Tumpang Sari, Petani di OKI Tanam Jagung di Lahan Sawit

Tumpang Sari, Petani di OKI Tanam Jagung di Lahan Sawit

Dandim Hendra Saputra panen jagung di lahan sawit Desa Burnai. --

Tumpang Sari, Petani di OKI Tanam Jagung di Lahan Sawit

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Dukung ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kegiatan pertanian, khususnya menanam jagung dilakukan. Penanaman jagung oleh petani binaan pemerintah, Babinsa dan lainnya dengan metode tumpang sari di lahan sawit. 

"Kemarin kita bersama Dinas Pertanian dan Bank Sumsel Babel melaksanakan panen jagung perdana dengan metode tumpang sari lahan sawit," kata Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra SSos MM MIPol, ikut dalam panen jagung. 

Dijelaskan Dandim Hendra Saputra, panen jagung perdana ini di Desa Burnai Timur, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI. Kegiatan panen jagung  di lahan sawit ini merupakan program ketahanan pangan.

"Artinya adanya metode tumpang sari di lahan sawit dengan menanam jagung tidak akan berpengaruh negatif terhadap perkembangan sawit, kan terbukti panen," ujarnya.

BACA JUGA:Pemdes Pulau Semambu Uji Coba Kembangkan Budidaya Jagung Pipil, Tunjang Program Ketahanan Pangan

Dia menyampaikan, dengan telah panen jagung perdana dengan metode tumpang sari di lahan sawit, bahwasanya untuk pihak perusahaan yang ada di Kabupaten OKI agar jangan takut merusak pertumbuhan sawit yang ada.

"Semoga dengan panen perdana di Desa Burnai Timur ini akan memacu daerah lain untuk turut menanam jagung juga," terangnya.

Lanjutnya, tanaman jagung ini berguna terciptanya ketahanan pangan di Kabupaten OKI. Dimana tanaman jagung yang siap panen terhampar di 16 hektare lahan. 

Jagung yang ditanam ini merupakan tanaman  Gapoktan Desa Burnai Timur bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Kodim 0402/OKI, Bank Sumsel Babel serta kelompok tani masyarakat. 

Termasuk  didukung oleh Dana KUR Bank SumselBabel. Sehingga akhirnya berhasil dan panen raya perdana dengan hasil yang banyak. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: