MANTAP! 252 Dealer Motor Listrik Bakal Support Penjualan

MANTAP! 252 Dealer Motor Listrik Bakal Support Penjualan

Pameran PEVS 2023.--

MANTAP! 252 Dealer Motor Listrik Bakal Support Penjualan

JAKARTA, SUMEKS.CO - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mencatat hingga 19 Mei 2023, sebanyak 252 dealer dari sepuluh produsen sepeda motor listrik telah terdaftar dan siap untuk menggalakkan penjualan sepeda motor listrik dengan dukungan pemerintah. 

 “Minat pabrikan untuk berpartisipasi dalam program bantuan kendaraan listrik sangat tinggi,” kata Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dalam konferensi pers terkait kendaraan listrik (EV) di Jakarta pada Sabtu 20 Mei 2023.

Ia mengungkapkan, saat program diluncurkan, hanya  3 pabrikan sepeda motor listrik yang memenuhi syarat TKDN 40 persen. 

Kemudian, Kemenkomarves juga mengumumkan bahwa pada 16 Mei 2023, sepeda motor listrik dari 18 produsen diikutsertakan dalam program bantuan sepeda motor listrik. 

BACA JUGA:AVC 2023 Bahrain, Hajar Shahdab Yazd Iran 3-1, Tim Suntory Sunbirds Jepang Lolos ke Final

“Namun enam bengkel konversi sudah terdaftar di platform digital Kementerian ESDM untuk program konversi sepeda motor hingga 17 Mei 2023,” ujarnya. 

Selain itu, menurut informasi di situs Sisipira, hingga 20 Mei 2023 telah terjual sebanyak 381 unit sepeda motor listrik, di antaranya sepeda motor listrik baru dan konversi. 

Padahal, hingga  20 Mei 2023, Kementerian ESDM telah menerima lebih dari 200 permohonan konversi sepeda motor bensin menjadi sepeda motor listrik. 

Sedangkan untuk mobil listrik, Wuling Air EV dan Hyundai Ioniq 5 telah memenuhi  40 persen dari persyaratan TKDN, dan konsumen dapat memperoleh diskon PPN.

BACA JUGA:Wak Nen Penyelam Tradisional Temukan Pekerja yang Hilang Tenggelam di Sungai Kelekar Ogan Ilir

“Sejak berlakunya diskon, penjualan Wuling meningkat hingga 80 persen,” ujarnya. 

Sedangkan produsen lain yang memenuhi syarat TKDN 40 persen bisa mendaftarkan produknya untuk mengikuti program ini.

Tahun ini, pemerintah berencana memberikan subsidi sepeda motor listrik senilai Rp7 juta dengan kuota 200 ribu unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: