Viral, Video Panglima TNI Bersama Ribuan Brigade 08 Dukung Capres Anies Benarkah? Saat Ini Diselidiki

Viral, Video Panglima TNI Bersama Ribuan Brigade 08 Dukung Capres Anies Benarkah? Saat Ini Diselidiki

Video Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dukung Bakal Capres Anies adalah hoaks. Foto: Kominfo--

Viral, Video Panglima TNI Bersama Ribuan Brigade 08 Dukung Bakal Calon Presiden Anies, Benarkah? Hoax saat Ini Sedang Diselidiki 

SUMEKS.CO- Viral, sebuah video berdurasi 2.10 menit Panglima TNI bersama ribuan anggota Brigade 08  mendukung kepada bakal calon presiden Anies Baswedan. 

Narasinya menyebutkan Panglima TNI telah mendukung salah satu capres,  dan video itu telah menyebar. Beredernya video tersebut langsung mendapat respon pihak TNI dan dengan tegas membantahnya.

Di ciutan twitter Pusat Penerangan TNI , menyatakan Netralitas TNI sedang diuji oleh berbagai HOAK. Salah satu contohnya adalah video yang dibuat dan disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab ini. Tujuanya untuk merusak dan menjelekkan citra TNI.

Video itu diunggal oleh Chanel Youtube Menara Istana Berjudul ;Dipimpin Langsung Panglima Yudo Margono, ribuan TNI Resmi Deklarasi Anies. ''Ini adalah hoax, ''sebut Puspen TNI.

Video tersebut juga mendapat respon pemilik akun Habib Selow: Bahkan Hoaxspun menimpa TNI. Video tersebut telah dibuka oleh 11 ribu netizen. 

BACA JUGA:Goyangan Jelang Tahun Politik 2024 Sudah Terasa, Panglima TNI Laksamana Yudo Butuhkan TNI yang Begini?

Menurut Puspen, video itu pertama muncul di akun Youtube Manara Istana. Judulya Dipimpin langsung Penglima TNI Yudo Margono TNI Resmikan Deklarasi Anies Presiden 2024.

Menanggapi video yang viral itu, akhirnya Kabidpenum TNI Kolonel Sus Aidil membantahnya.  TNI menyatakan dengan pasti bahwa video tersebut adaah tidak benar. Atau Hoxs.

Dalam narasinya seolah-olah video tersebut disampaikan oleh prajurit TNI dengan menggunakan masker. Menurut Kolonel Sus, ini jelas tidak benar juga. Itu bukan suara prajurit tapi suara orang lain yang disiapkan editor penggugah video.

Soal panglima memimpin acara deklarasi juga hoaxs. Karena tidk ada acara panglima di dermaga JICT Tanjung Priok seperti tersebut dalam narasi video. 

Seragam yang dipakai Panglima juga menunjukkan video tersebut tidak benar. Itu seragam saat Panglima menjabat sebagai KSAL.

Masih kata Kolonel Sus, sangat tidak masuk akal kegiatan Anies Rasyid Baswedan di Bandung dikawal oleh anggota TNI Brigade 08. ''Brigade 08 tidak ada,''tegasnya.

BACA JUGA:INNAALILLAHI! Praka Jamaluddin, Prajurit TNI yang Gugur Saat BakuTembak dengan KKB Pimpinan Numbuk Telenggen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: