Pemkab OKI Gandeng ITB, Kembangkan Transformasi Smart City

Pemkab OKI Gandeng ITB, Kembangkan Transformasi Smart City

Antonio Romadhon (kiri) bertukar cendera mata dengan pejabat ITB. --

Pemkab OKI Gandeng ITB, Kembangkan Transformasi Smart City

OGAN KOMERING ILIR, SUMEKS.CO - Guna menjadikan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kota cerdas, berbagai upaya dilakukan, yakni dengan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama untuk percepatan pengembangan dan transformasi kota cerdas (Smart City).

Dalam kerja sama itu dengan pelaksanaan Fokus Group Discusion (FGD) pengembangan Ekosistem Smart City Kabupaten OKI di meeting room Sekolah Bisnis Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin 15 Mei 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) OKI Antonio Romadhon SSos MM mengatakan penerapan Smart City memiliki aspek yang luas dan melibatkan banyak stakeholder. Oleh karena itu peran akademisi menjadi penting dalam membantu Pemkab OKI guna mewujudkan ekosistem Smart City yang maksimal dan berkualitas.

"ITB kan merupakan lembaga akademisi yang banyak melahirkan  insan berkualitas, sehingga menjadi rujukan tersendiri bagi kami," kata Antonio Romadhon.

BACA JUGA:Pemkab OKI Ajak Perusahaan Perbaiki Jalan

Sambungnya, adanya kerja sama itu agar pembangunan di Kabupaten OKI khususnya SDM dapat setara dengan kabupaten/kota lain di Indonesia. 

Adapun beberapa program yang dapat dikatalisasi oleh Pemkab OKI dan ITB antara lain, pengembangan kapasitas dan skill SDM, peningkatan literasi digital bagi UMKM.

Termasuk  Akselerasi Digitalisasi Pemerintahan melalui Penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sementara itu, Ketua Pusat Pengetahuan dan Daya Saing Bisnis Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) Hary Febriansyah, PhD mengungkap  ITB sebagai pusat pendidikan Teknologi di Indonesia mendorong setiap daerah di Indonesia memaksimalkan setiap potensi daerah melalului pendekatan teknologi.

"Kami siap menjadi mitra strategis Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam mengembangkan konsep Smart City Kabupaten OKI agar tetap berkelanjutan," jelasnya. 

BACA JUGA:Top, Pemkab OKI Pertahankan Tradisi Raih Penghargaan WTP BPK Tahun ke-12

Berbagai program ditawarkan  ITB dalam kerjasama ini antara lain pendidikan, penelitian, pendampingan, penerapan teknologi baru, serta pengabdian masyarakat yang erat kaitannya dengan bisnis dan IT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: