17 Parpol Daftarkan Bacaleg di KPU OKI

17 Parpol Daftarkan Bacaleg di KPU OKI

Haris Padilah. foto: niskiah sumeks.co--

17 Parpol Daftarkan Bacaleg di KPU OKI

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 17 partai politik (Parpol) telah mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg)-nya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ilir (OKI) hingga hari terakhir pendaftaran Ahad 14 Mei 2023.

"Alhamdulilah sampai hari terakhir pendaftaran semalam ada 17 parpol yang telah mendafttar, " kata Ketua KPU OKI Deri Siswadi melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan Haris Padilah SHI. 

Diungkapkan Haris, untuk partai politik yang terakhir mendaftar yaitu partai Garuda yakni sekitar pukul 23.10 WIB. "KPU OKI sendiri menunggu hingga pukul 23.59 WIB," ujarnya. 

Haris menjelaskan dari 17 parpol yang mendaftarkan Bacalegnya terbanyak di dua hari terakhir pendaftaran tutup. Pendaftaran Bacaleg ini dimulai 1 Mei hingga 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB. Partai PKS mendaftar pada 10 Mei 2023, kemudian Partai PDI Peejuangan pada 11 Mei 2023. Keesokannya yaitu Partai Hanura 12 Mei  2023, Partai PAN juga pada 12 Mei 2023. Kemudian pada Sabtu 13 Mei 2023 Partai Ummat ikut menyusul mendaftar. Lalu di hari Sabtu juga  partai Nasdem. 

"Di hari Sabtu itu juga partai PBB, Partai Demokrat, Partai PKB, Partai Golkar, Partai PKN, " ujar Haris. 

BACA JUGA:Partai Gerindra Kota Palembang Daftarkan 50 Bacaleg, Target Raih 8 Kursi Legislatif

Selanjutnya, pada hari terakhir yakni Ahad 14 Mei 2023 yang mendaftar Partai Perindo, Partai Gerindra, Partai PSI. Kemudian Partai Gelora, PPP, dan Garuda. 

Haris menegaskan setelah tahapan pendaftaran Bacaleg ini, pihak KPU akan melakukan verifikasi adminitrasi (vermin) terhadap syarat-syarat bacalon yang disampaikan. 

"Kami dari KPU mengucapkan terima kasih kepada semua partai politik yang melakukan pengajuan daftar bacaleg," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: