Perpusnas RI Apresiasi Perkembangan Perpustakaan di Sumsel

Perpusnas RI Apresiasi Perkembangan Perpustakaan di Sumsel

Foto bersama Peserta Bimtek--

Kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Perpusnas RI

SUMEKS.CO - Bertempat di Hotel Aston Palembang, Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel menggelar Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diselenggarakan 8-11 Mei 2023.

Kegiatan yang diikuti peserta Pemustaka se Sumbagsel ini dibuka Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si dan ditutup Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Dra. Woro Titi Haryanti, MA.

Dalam sambutannya, Fitriana, menyampaikan ucapan terima kasih dan perhargaan kepada Perpustakaan Nasional RI atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Disperpustaka Sumsel Dukung Pengembangan Perpustakaan Masjid

Ada 2 (dua) hal penting terkait tema Bimtek hari ini yaitu Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Kegiatan ini merupakan langkah awal yang baik untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam hal pengelolaan atau manajerial guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dibidang Perpustakaan yang unggul melalui peningkatan kemampuan dalam mengembangkan perpustakaan berbasis teknologi dan informasi untuk Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Perubahan paradigma fungsi perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat mutlak diperlukan.

Pentingnya meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagaimana diatur dalam Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang menyebutkan bahwa peningkatan peran dan fungsi perpustakaan melalui pelibatan masyarakat.

Lebih jauh, Fitriana menjelaskan, tujuan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yakni; untuk Meningkatkan peran dan fungsi Perpustakaan dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat; Meningkatkan kualitas layanan Perpustakaan; Meningkatkan pemanfaatan layanan oleh Masyarakat sesuai dengan kebutuhan Masyarakat; Membangun komitmen dan dukungan Pemangku Kepentingan untuk Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang berkelanjutan; dan Meningkatkan kemampuan Literasi dalam mendukung pemberdayaan Masyarakat.

BACA JUGA:Rapat Teknis Urusan Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan

"Terkait dengan program ini, kemarin sudah kita lakukan juga rapat koordinasi dengan kepala dinas kabupaten kota dan tim Sinergi Provinsi Sumatera Selatan jadi keberlangsungan dan kebermanfaatan program ini sangat penting sekali harus kita lakukan monitoring evaluasi agar kita mengetahui sejauh mana perkembangan apa namanya perpustakaan dan juga kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat dan tentunya program ini harus terus berlanjut Dan harapan kita tentunya harus direplikasi oleh kabupaten kota kecamatan dan desa sehingga tadi seperti yang Ibu baru sampaikan semakin banyak keberadaan perpustakaan ini semakin banyak juga orang yang peduli dengan perpustakaan dan juga bantuan teman-teman media jangan lupa," pungkasnya.

Senada Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Dra. Woro Titi Haryanti, MA., saat penutupan Bimtek dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan sinergi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Perpustakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: