Pilu! Khutbah Iblis Kepada Seluruh Penghuni Neraka Usai Kiamat Terjadi, Manusia Nangis Histeris Mendengarnya

Pilu! Khutbah Iblis Kepada Seluruh Penghuni Neraka Usai Kiamat Terjadi, Manusia Nangis Histeris Mendengarnya

Pilu! Khutbah Iblis Kepada Seluruh Penghuni Neraka Usai Kiamat Terjadi, Manusia Nangis Histeris Mendengarnya--

Pilu! Khutbah Iblis Kepada Seluruh Penghuni Neraka Usai Kiamat Terjadi, Manusia Nangis Histeris Mendengarnya

SUMEKS.CO - Naudzubillah, ketika Allah SWT selesai memberikan catatan amal hambanya pada hari kiamat, Iblis akan berdiri seraya menyampaikan khutbah kepada seluruh penghuni neraka yang ikut bersamanya.

Iblis merupakan musuh terbesar bagi umat manusia ketika di dunia. Melalui godaan dan bisikan-bisikan yang datang dari pasukan iblis yakni, syaiton banyak menjerumuskan manusia kepada perbuatan dosa, sehingga seorang tersebut masuk ke dalam neraka.

BACA JUGA:VIRAL! Bamsoet Dukung Tindak Tegas KKB, HAM Belakangan, Selamatkan Rakyat.

Dijelaskan dalam Al Quran, bahwa pada hari kiamat iblis akan menyampaikan khutbah yang membuat seluruh penduduk neraka menangis dan histeris mendengarnya.

Dalam sebuah riwayat, menurut Tafsir Ibnu Katsir maupun tafsir Ath-Thabari, khutbah Iblis sangat menyentuh dan  menyayat hati. Semua penghuni neraka yang mendengarnya, menjerit dan menangis histeris saat mendengar khutbah yang disampaikan Iblis.

Khutbah yang disampaikan Iblis tersebut, juga diabadikan dalam Al Quran surah Ibrahim ayat 22-23 yang artinya.

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu, tetapi aku menyalahinya.

BACA JUGA:Bulan Ketiga Mulai Macet, Emak-emak di Palembang Tertipu Arisan Online hingga Setengah MILIAR

"Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekadar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri"

"Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.’ Sesungguhnya orang-orang yang dhalim itu mendapat siksaan yang pedih." (QS. Ibrahim 22).

Dalam ayat Ibrahim ayat 23 juga Allah SWT mengatakan “Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal shalih ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan izin Rabb mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah ‘salaam' (QS. Ibrahim: 22-23)

Ketika mendengar khutbah yang disampaikan Iblis tersebut, semua manusia yang termasuk golongan penghuni neraka menangis dan menyesali semua perbuatan selama hidup di dunia. Namun, penyesalan ketika itu tidak ada gunanya lagi.

BACA JUGA:Miris! Netizen Sebut Kiamat Makin Dekat, Lagu Ritual Yahudi Israel Dinyanyikan di Pondok Pesantren Al Zaytun

Diketahui, sejak Nabi Adam as diciptakan Allah SWT, Iblis sudah menaruh kebencian dan iri dengki. Bahkan, ketika diperintahkan untuk sujud kepada Nabi Adam as, Iblis menolak karena merasa lebih mulia.

Dari situlah, Allah SWT mengutuk Iblis dan menjadikannya makhluk yang akan kekal di dalam Neraka Jahannam. Meski telah dilaknat Allah SWT, Iblis tetap bersumpah untuk mengganggu manusia.

Lantas, Allah SWT mengizinkan Iblis untuk mengganggu dan menggoda manusia, kecuali ada beberapa diantara orang yang takkan bisa digoda olehnya yakni, orang yang beriman dan bertakwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: