Cakades di OKI Jalani Tes Urine, ini Jumlahnya

Cakades di OKI Jalani Tes Urine, ini Jumlahnya

Cakades OKI menjalani tes urine di BNNK OKI, Selasa 9 Mei 2023. Foto: niskiah sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO -  Calon Kepala Desa (Kades) yang mengikuti Pemilihan  Kades (Pilkades) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjalani tes urine, Selasa 9 Mei 2023.

Pelaksanaan tes urine bagi calon kades tes urine ini di Kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OKI. Sejumlah calon kades ini sejak pagi telah mendatangi kantor BNNK. 

"Hari ini ada 73 calon Kades di OKI yang akan tes urine hingga sore nanti," kata Kepala BNNK OKI AKBP Gendi Marzanto SH MH melalui Sub Kordinator Bidang Rehabilitasi,  Purnama Munte SKM. 

Diungkapkan Purnama, tes urine calon Kades ini diikuti 73 orang yang dilaksanakan satu hari. Dimulai pagi hingga sore nanti pukul 16.00 WIB. 

BACA JUGA:210 Cakades di Muba Sepakat Damai, Pj Bupati Apriyadi Ingatkan 65 Pj Kades Bersikap Netral Saat Pilkades

"Dari pagi hingga siang ini sudah ada 30 calon Kades yang melakukan tes urine. Kita tetap menunggu hingga sore," ujarnya. 

Dia menjelaskan, para calon Kades yang tes menjalani urine ini berasal dari 8 kecamatan di Kabupaten OKI. Yakni Kecamatan Tanjung Lubuk, Pedamaran, Tulung Selapan. 

Lalu Kecamatan SP Padang, Kayuagung, Pedamaran Timur, Pampangan, dan Kecamatan Sungai Menang. 

Dalam pelaksanaan tes urine ini, sambung Purnama, untuk teknis dari cara pengambilan sample urine dan tes urine ini menggunakan 6 parameter. Dimana alat tes kit urine ini standard BNN. 

BACA JUGA:Sempat Buron, Cakades Batu Pance Dilaporkan ke Polisi, Ini Kasusnya

“Cek urine ini menggunakan 6 parameter dalam satu kali pemeriksaan, yaitu : Amphetamine (AMP), Metamphitamine ( MET), Cocaine (COC), Ganja (THC), Benzoat dan Morphine (MOP),” terangnya. 

Purnama menyebut untuk tes urine ini bagi calon Kades dikenakan biaya sebesar Rp 290 ribu/orang. Besaran biaya ini merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Sementara itu salah satu calon Kades,  Adi Karsito mengatakan ia melakukan tes urine ini sebagai persyaratan mengikuti Pilkades pada Juni 2023 ini. 

"Tadi baru selesai tes urine dan ini masih menunggu hasilnya," ucapnya calon Kades SP Padang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: