Termakan Usia, Jembatan Desa Lubai Persada Muara Enim Terancam Ambruk

Termakan Usia, Jembatan Desa Lubai Persada Muara Enim Terancam Ambruk

Jembatan di Desa Lubai Persada yang kondisinya memprihatinkan. Foto: SEG--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Jembatan besi yang terletak di Desa Lubai Persada, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten MUARA ENIM rusak parah. Sehingga perlu dilakukan perbaikan segera.

Kondisi jembatan besi penghubung antardesa yang rusak tersebut sudah terjadi sejak lama. Dimana usia jembatan besi 20 tahun sejak awal dibangun. Kerusakan jembatan besi ini karena termakan usia.

Salah satu warga desa setempat, Udin, menerangkan untuk kondisi besi jembatan sendiri sudah banyak mengalami keropos. Sehingga sangat dikhawatirkan dapat memutus jembatan. 

"Kami warga sini setiap hari melintas di jembatan besi ini untuk beraktivitas sehari hari karena tidak ada jalan lain," kata Udin dikutip enimekspres.bacakoran.co, muat Senin 8 Mei 2023.

BACA JUGA:Jembatan di Payaraman Ambrol, Pemkab Ogan Ilir Alihkan Rute Jalan Provinsi

Lanjutnya, dengan kondisi jembatan besi yang telah rusak dimakan usia dan masih digunakan oleh seluruh masyarakat desa setiap hari dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil, jelas akan bertambah rusak dan akhirnya putus. 

"Jembatan besi penghubung antardesa ini sangat penting karena jembatan ini mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat," terangnya. 

Masih kata Udin, jembatan besi ini juga sebagai  akses warga menuju pusat pemerintahan dan ke ibu kota Kabupaten Muara Enim.

"Karena besi jembatan ini sudah banyak lapuk dimakan usia. Saya menghimbau kepada pengguna jalan harus berhati-hati. Terutama Bagi anak anak sekolah yang melintas di jembatan tersebut diwaktu musim hujan,” tutur Udin, Ahad 7 Mei 2023.

BACA JUGA:Ngeri...Detik-Detik Jatuhnya Warga Yang Disapu Angin Diatas Jembatan Gantung Lubuk Mumpo Muara Enim

Selama ini, tambah Udin, untuk perawatan jembatan diupayakan oleh masyarakat secara swadaya, akan tetapi karena soal biaya yang tidak cukup. 

Mengenai biaya yang kekurangan, sehingga perbaikan dilakukan seadanya. Sebab, jika tidak diperbaiki akan mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari. 

"Kami mohon kiranya pemerintah daerah bisa membantu, sebab jembatan besi ini sangat sangat penting bagi kami. Kepentingan bersama antara lain anak sekolah, dan juga kepentingan lainya,” ucap Udin.

Sementara itu, Sahrodin, LSM Gerhana Indonesia berharap tidak hanya kepada pemerintah daerah, namun perusahaan yang beroperasi di sekitar wilayah Kecamatan Lubai Ulu untuk dapat memberikan bantuan untuk melakukan perbaikan jembatan di Desa Lubai Persada. Sebab masyarakat setiap hari menggunakan akses jembatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: