Pelunasan BIPIH Segera Berakhir, ini Jumlah JCH OKI yang Belum Lunas

Pelunasan BIPIH Segera Berakhir, ini Jumlah JCH OKI yang Belum Lunas

JCH OKI. foto: niskiah sumeks.co--

Pelunasan BIPIH Segera Berakhir, ini Jumlah JCH OKI yang Belum Lunas 

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 333 Jemaah Calon Haji  (JCH) reguler Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang bakal berangkat haji tahun 2023/1444 Hijriah, telah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH).

"Alhamdulilah sampai dengan kemarin jumlah JCH yang telah melunasi biaya haji ada sebanyak 333 jemaah jadi masih tersisa sedikit lagi yang belum (pelunasan)," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Drs H Subrata SH melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H Mutawalli MPdi. 

Dijelaskan Mutawalli, untuk jadwal pelunasan biaya haji terakhir Jumat 5 Mei besok. Sebelumnya jadwal pelunasan ini dimulai 11 April lalu. Adapun besaran BIPIH yang harus dibayar yaitu Rp48 juta. Bagi JCH Kabupaten OKI yang berhak melunasi ada sebanyak 372 jemaah dan untuk jemaah cadangan sebanyak 27 orang. 

"Rincian JCH yang telah melunasi sebanyak 333 jemaah terdiri dari 311 jemaah reguler dan 22 jemaah cadangan," ujar Mutawalli.

BACA JUGA:Kuota Haji OKI 372 JCH, Baru 176 Jemaah Lunasi BIPIH

Ditegaskannya, dari jumlah JCH yang berhak melunasi biaya tersebut, sehingga masih ada sebanyak 66 jemaah lagi. "Kita sangat berharap semua JCH yang berhak melunasi biaya untuk segera melunasi, sehingga bisa berangkat ibadah haji tahun ini. Kemungkinan hari ini sisa JCH yang belum melunasi biaya haji akan melunasi dan termasuk di hari terakhir besok," jelasnya. 

Mutawalli menyampaikan, bagi jamaah haji yang lunas tunda tahun 2020 dan tahun 2022 tidak mengambil dana pelunasannya, maka hanya melakukan konfirmasi pelunasan di bank penerima setoran BIPIH tanpa melakukan pembayaran. 

Pelunasan ini sendiri bagi JCH, kata Mutawalli, disetor ke bank-bank penerima biaya haji yang telah ditunjuk. 

"Pihak kita juga menginformasikan agar jamaah telah lunas tunda 2020 dan 2022 untuk segera melakukan konfirmasi atau registrasi ke bank," tukasnya.

BACA JUGA:375 JCH OKI Siap Berangkat, ini Jadwal Pelunasannya

Masih kata Mutawalli, dalam hal pelunasan BIPIH ini apabila kuota tidak terpenuhi pada tahap pertama dimungkinkan diperpanjang. Sehingga akhirnya kuota terpenuhi. Tetapi sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi untuk perpanjangan waktu pelunasan. 

"Mudah-mudahan JCH yang bakal berangkat haji tahun dapat melunasi semua BIPIH. Yakni dengan alasan keberangkatan haji ini telah ditunggu-tunggu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: