BPS Sebut Sumsel Lebih Miskin dari Lampung

BPS Sebut Sumsel Lebih Miskin dari Lampung

Ilustrasi.--

BPS Sebut Sumsel Lebih Miskin dari Lampung

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jumlah penduduk miskin Sumsel ternyata lebih tinggi dibanding provinsi tetangga Lampung. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Lampung saat ini memiliki peringkat keempat sebagai daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di Sumatera. Sedangkan Sumsel berada di peringkat ketiga. 

Pada September 2022, jumlah penduduk miskin di Provinsi Lampung mencapai 11,44 persen atau sebanyak 995.590 jiwa, sedangkan di Sumsel sebesar 11,95 persen atau sebanyak 1.054.990 jiwa.

Gubernur Sumsel H Herman Deru telah menggalakkan berbagai program untuk menekan tingkat kemiskinan di daerahnya, termasuk Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Namun, data BPS terbaru pada September 2022 justru menunjukkan peningkatan angka kemiskinan di Sumsel sebesar 0,05 persen. 

Pada Maret 2022, tingkat kemiskinan berhasil turun menjadi 11,90 persen, tetapi kembali naik menjadi 11,95 persen pada September 2022. Sementara itu, Lampung berhasil menekan tingkat kemiskinan dan mencatatkan angka 11,44 persen pada September 2022.

BACA JUGA:Penduduk Miskin Ekstrem Capai 28.540 Jiwa

Meskipun Sumsel memiliki kekuatan ekonomi yang lebih besar daripada Lampung dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan besarnya APBD, serta pertumbuhan ekonominya yang lebih tinggi, tingkat kemiskinan penduduk Sumsel masih lebih tinggi daripada Lampung. 

Hal ini membuat sejumlah warga Sumatera Selatan kecewa dengan kinerja Gubernur Herman Deru dalam menekan tingkat kemiskinan di daerahnya.

Dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sumsel jelas lebih besar dibandingkan dengan Lampung, yang tercermin dari besarnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

APBD Sumsel tahun 2022 mencapai Rp10,1 triliun, sementara APBD Lampung hanya mencapai Rp6,75 triliun. 

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Sumsel pada tahun 2022 jauh lebih tinggi daripada provinsi Lampung. Namun, besarnya pendapatan dan pertumbuhan ekonomi Sumsel tidak mampu menekan tingkat kemiskinan penduduknya.

Sumatera Selatan sebenarnya memiliki potensi sumber daya yang besar, seperti gas alam, batubara, dan minyak bumi. 

BACA JUGA:Jumlah Penduduk Miskin Palembang Meningkat

Namun, kekayaan alam yang berlimpah tersebut tidak mampu menjadikan Sumsel sebagai provinsi yang kaya. Sumsel malah menempati posisi ketiga sebagai provinsi termiskin di Sumatera setelah Aceh dan Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: