Puskesmas Talang Ratu Palembang Klaim Sukses Terapkan PHBS

Puskesmas Talang Ratu Palembang Klaim Sukses Terapkan PHBS

dr Fitrianti M Kes.--

Puskesmas Talang Ratu Palembang Klaim Sukses Terapkan PHBS

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Puskesmas Talang Ratu Palembang melakukan inovasi dengan meluncurkan slogan STUDIO TR dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.

“STUDIO TR” diciptakan berdasarkan tujuan Rencana Pembangunan Jangka Panjang di bidang Kesehatan (RPJPK) 2005-2025, yaitu meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat Kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Sebelum adanya inovasi ini, masyarakat harus melakukan pertemuan dengan petugas langsung untuk mendengarkan promosi kesehatan. Sedangkan saat masa COVID-19, masyarakat banyak mengurangi pertemuan langsung dengan orang (social distancing) sehingga menghambat proses promosi kesehatan.

Hasil Peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan termasuk perubahan perilaku masyarakat dari perilaku tidak sehat menjadi sehat. Dapat dilihat dari hasil survei, terdapat perubahan yang signifikan mengenai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 3 M yaitu terdapat 2,3 persen sampel tahu tentang AKB tetapi tidak menerapkan dan 3,9 persen sampel tidak mengetahui tentang AKB 3 M pada tahun 2020.

BACA JUGA:Langganan Banjir, Jalan Simpang Puskesmas Sungai Lilin Akan Ditimbun

Kepala Puskesmas Talang Ratu dr Hj Fitrianti MKes mengatakan tujuan inovasi STUDIO TR ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Sehingga masyarakat berperilaku hidup bersih, sehat dan dapat meningkatkan pengetahuan. Dan perilaku masyarakat tentang kesehatan serta mendukung pencapaian standar pelayanan minimal kabupaten/kota.

Sedangkan manfaatnya sendiri yakni mendapat pengetahuan dan informasi tentang kesehatan terkini. Sehingga dapat memberikan kesadaran dan motivasi bagi masyarakat dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Serta sebagai media komunikasi, informasi dan edukasi tentang program Puskesmas.

“Keberhasilan inovasi ini selain berdampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan. Termasuk perubahan perilaku masyarakat dari perilaku tidak sehat menjadi sehat," kata Fitrianti dikutip SUMATERAEKSPRES.ID, Selasa 2 Mei 2023. 

Pencapaian SPM yang meningkat dari Tahun 2021 ke 2022, yaitu:

1. Pelayanan kesehatan ibu hamil dari 69 persen menjadi 100 persen. 

2. Pelayanan kesehatan ibu bersalin dari 65 persen menjadi 100 persen.

3. Pelayanan bayi baru lahir dari 65 persen menjadi 100 persen.

BACA JUGA:Catat, Puskesmas Palembang Tetap Layani Masyarakat di Libur Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: