Warga Ancam Tutup Jalan, PJ Bupati Muba Beri Reaksi Begini

Warga Ancam Tutup Jalan, PJ Bupati Muba Beri Reaksi Begini

--

"Akan kita mulai lagi komunikasi dengan  perusahaan, setelah semua perusahaan nantinya dapat arahan dari Pj Bupati yang dijadwalkan tanggal 12 Mei mendatang, kita akan buat konstruksi jalan dengan beban maksimal dari tiap-tiap kendaraan yang lewat di ruas tersebut. Tentu ini demi warga Muba ya bukan mengakomodir perusahaan. Sebaliknya, perusahaan harus ikut  sumbangsih atau keikutsertaan karena perusahaan tersebut ikut menggunakan ruas jalan," tandasnya. 

Terkait usulan ke Kementerian PUPR, Alva menerangkan Pj Bupati Muba telah melayangkan surat  berklasifikasi Penting bernomor 2023900/453 /PU-PR/2023 pada 17 April 2023. 

BACA JUGA:Ini Deretan Film Bioskop yang Akan Tayang Bulan Mei 2023, Nomor 1 Bikin Merinding

"Isinya usulan Pembangunan Jalan Strategis di Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2024 yakni di Mangunjaya-Macang Sakti si Kecamatan Babat Toman dan Sanga Desa serta suka jalan Panca Tunggal-Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin dengan total anggaran Rp 100 miliar. 

Menurut Alva, ruas jalan yang diusulkan merupakan ruas jalan strategis Kabupaten Musi Banyuasin dengan titik awal ruas jalan terhubung langsung pada ruas jalan nasional, yaitu ruas jalan nasional Sekayu - Mangun Jaya dan Jalan alternatif menuju Kabupaten Musi Rawas Utara. Selain itu, ruas ini adalah wilayah penghasil Dana Bagi Hasil (DBH) dari batubara, minyak bumi dan gas.

Sedangkan usulan  peningkatan dari Jalan Negara - Bumi Kencana (C4)-Panca Tunggal (C5) Kecamatan Sungai didasari pertimbangan ruas jalan ini merupakan ruas jalan Kabupaten Musi Banyuasin dengan ttik awal ruas jalan terhubung langsung pada ruas jalan nasional, yaitu ruas jalan nasional Betung-Sungai Lilin - Peninggalan - Jambi.

Ruas jalan ini mutlak dibutuhkan masyarakat dalam menjalankan perekonomian karena merupakan akses jalan untuk mengangkut hasil perkebunan dari masyarakat. Kecamatan Sungai Lilin merupakan daerah penghasil Dana Bagi Hasil (DBH) dari minyak bumi dan gas.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: