Hindari Tanggal ini, Agar Tak Terjebak Macet Pada Puncak Arus Balik Kedua Lebaran 2023

Hindari  Tanggal ini, Agar Tak Terjebak Macet Pada Puncak Arus Balik Kedua Lebaran 2023

Hindari macet arus balik kedua lebaran 2023, hindari melakukan perjalanan balik pada Minggu dan Senin 30 April dan 1 Mei 2023. Foto:Sumeks.co--

Hindari Agar Tak Terjebak Macet Ini Prediksi Puncak Arus Balik Kedua Lebaran 2023

SUMEKS.CO- Untuk menghidari kemacetan puncak arus balik kedua, pemudik lebaran tahun 2023, diimbau untuk menghindari perjalanan balik pada hari Minggu dan Senin 30 April dan 1 Mei 2023.

Karena menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, masih ada sekitar 55,8% kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa. 

Berdasarkan tradisi masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 libur mudiknya. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu 30 April nanti.

''Maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan,” ujar Menhub.

Selain Lebaran Kupat, Menhub mengungkapkan, adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini, akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Untuk itu, Menhub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai hari Kamis, Jumat, serta Sabtu (27 s.d. 29 April 2023) untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

 “Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20%. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” tutur Menhub.

Pernyatan Menhub ini sisampaikan pada rapat koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70. 

Menhub juga melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.


Ingat, siapkan E-tol anda di lajur saldo cukup di ruan jalan tol. Foto:Sumeks.co--

Menhub berharap, penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik.

 “Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insyaallah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud,” ucap Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: