Sumatera Selatan Siaga Karhutla 2023, Menko Luhut Minta Lakukan Ini

Sumatera Selatan Siaga Karhutla 2023, Menko Luhut Minta Lakukan Ini

Karhutla di Ogan Ilir. --

Sumatera Selatan Siaga Darurat Karhutla 2023, Menko Luhut Minta Lakukan Ini

SUMEKS.CO - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, meminta Pemprov Sumsel mengantisipasi dampak akibat El Nino 2023.

El Nino diprediksi akan mampir ke Indonesia Agustus 2023.

BACA JUGA:HOROR, Terjangan El Nino Agustus 2023, Kekeringan Hebat, Kebakaran Hutan Terulang? Menko Luhut: Kita Siaga!!

Imbasnya, sejumlah daerah di Indonesia danKebakaran Hutan (Karhutla). 

Mengantisipasi dampak buruk yang terjadi akibat fenomena El Nino agustus 2023, Menko Luhut telah memetakan beberapa wilayah yang dinilai rawan terjadinya kekeringan dan Karhutla terbesar di Indonesia.

Salah satunya, Pemprov Sumsel diminta siaga menghadapi Karhutla. Karena, diantara banyaknya provinsi di Indonesia, Sumatera Selatan yang menjadi sorotan soal wilayah yang paling banyak mengalami Karhutla.

"El Nino akan memicu kekeringan dan Karhutla yang menyebabkan menambah titik api yang lebih banyak dari sebelumnya," ungkap Menko Luhut dalam  pertemuan yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia dipimpin langsung secara virtual, Rabu 25 April 2023.

BACA JUGA:Diduga Lecehkan Balita, Petani Karet di PALI Diamankan Polisi

Dari beberapa provinsi yang disebutkan, hanya dua daerah di Indonesia yang diizinkan untuk memberikan izin Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yakni Sumsel dan Riau. Hal ini disebabkan Sumsel menjadi wilayah yang paling banyak terdapat titik apinya. 

Menko Luhut, mengimbau satuan tugas untuk menggunakan beragam teknologi dalam memantau tingkatan risiko kebakaran di kawasan rawan agar penanggulangan bencana bisa dilakukan lebih cepat.

”Lakukan mitigasi seoptimal mungkin deteksi dini wilayah yang dianggap rawan terjadinya bencana Karhutla, dan bencana lainnya,” tukasnya. (*)

BACA JUGA:Efek EL Nino Hampiri Indonesia, Kemarau 2023: Suhu Udara Mendidih, Kekeringan Melanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: