Korut Serang AS-Sekutu, Joe Biden Tebar Ancaman

Korut Serang AS-Sekutu, Joe Biden Tebar Ancaman

Joe Biden.--

Korut Serang AS-Sekutu, Joe Biden Tebar Ancaman

NEW YORK, SUMEKS.CO - Joe Biden, presiden Amerika Serikat Joe Biden sepertinya mulai gerah dengan manuver yang dilakukan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.  Biden bahkan mengancam rezim Kim Jong-un akan tamat melancarkan serangan nuklir ke Amerika Serikat atau sekutu-sekutunya.

"Serangan nuklir oleh Korea Utara terhadap Amerika Serikat atau sekutu atau partisannya -- mitra -- tidak dapat diterima dan akan mengakibatkan berakhirnya rezim apa pun yang mengambil tindakan seperti itu," kata Biden dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis 27 April 2023), Biden berbicara di Gedung Putih usai menerima kunjungan kenegaraan Yoon, kedua pemimpin mengatakan perisai keamanan AS untuk Korea Selatan diperkuat dalam menghadapi rentetan uji coba rudal Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Baik Biden maupun Yoon Suk Yeol menegaskan bahwa jika kediktatoran komunis di Korea Utara menyerang Korea Selatan atau Amerika Serikat, maka balasannya adalah serangan nuklir yang menghancurkan.

BACA JUGA:SuperRahasia, Joe Biden Kunjungi Ukraina

Yoon menegaskan bahwa prioritasnya adalah mengamankan perdamaian melalui "keunggulan kekuatan yang luar biasa dan bukan perdamaian palsu berdasarkan niat baik pihak lain."

"Jika terjadi serangan nuklir Korea Utara," katanya, Washington dan Seoul telah sepakat untuk "menanggapi dengan cepat, luar biasa, dan tegas menggunakan kekuatan penuh aliansi termasuk senjata nuklir AS.

Biden dan Yoon merilis dokumen yang disebut Deklarasi Washington, yang menguraikan bagaimana selain payung militer AS yang ditingkatkan, Amerika Serikat akan meningkatkan berbagi informasi dengan Korsel. (net/dom)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: