Ketua KPU RI Datang ke Palembang Saksikan Simulasi Penghitungan Suara

Ketua KPU RI Datang ke Palembang Saksikan Simulasi Penghitungan Suara

Simulasi penghitungan suara Pemilu 2024 yang digelar KPU RI di halaman depan rumah dinas Wako Palembang, Kamis 27 April 2023. foto: m naba anwar sumeks.co--

Ketua KPU RI Datang ke Palembang Saksikan Simulasi Pengitungan Suara

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar simulasi penghitungan suara dalam rangka persiapan Pemilu serentak tahun 2024. Simulasi digelar di halaman depan rumah dinas Wali Kota Palembang kawasan, Kambang Iwak, Kamis 27 April 2023.

"Simulasi ini mulai dari model perhitungan suara, proses penghitungan suara, dan evaluasi pengalaman sebelumnya," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada awak media.

Hasyim Asyari menjelaskan, menurut undang-undang Pemilu bahwa penghitungan suara harus selesai pada hari yang sama dengan pemungutan suara. Akan tetapi, Mahkamah Konsitusi membuat keputusan review, yang intinya bagi Tempat Pemungutan Suara (TPS) ataupun Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang belum menyelesaikan pemungutan suara, maka dapat dilanjutkan pada hari berikutnya.

"Oleh karena itu, kami membuat simulasi dalam rangka kesiapan petugas, kemudian model formulir penghitungan suara yang kemungkinan akan diambil kebijakan untuk dijadikan bahan materi buatan dalam peraturan KPU pemungutan suara," jelasnya.

BACA JUGA:KPU OKI Tetapkan DPS Pemilu 2024 Sebanyak 568.256 Jiwa

Hasyim menuturkan, evaluasi kegiatan penghitungan suara pada tahun ini di seluruh wilayah Indonesia yakni WIB, WITA, dan WIT akan berlangsung selama 6 jam.

"Waktunya sama mulai pukul 07.00 pagi hingga 13.00 WIB," tuturnya.

Kendati demikian Hasyim menyebutkan, penghitungan suara di tiap TPS tidak dapat diprediksi. "Karena dinamika perhitungan suara tiap TPS itu berbeda. Tetapi, formulir yang kita gunakan itu modelnya guna memudahkan KPPS dalam penghitungan suara," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: