Tegang, di Tengah Perang Saudara Sudan Pasukan Gerak Cepat TNI Evakuasi Ratusan WNI ke Jeddah

Tegang, di Tengah Perang Saudara Sudan Pasukan Gerak Cepat TNI Evakuasi Ratusan WNI  ke Jeddah

Ilustrasi--

Di Tengah Perang Saudara Sudan, Pasukan Gerak Cepat TNI Evakuasi Ratusan WNI  ke Jeddah

SUMEKS.CO- Ditengah konflik bersenjata di Sudan, satgas TNI berhasil evakuasi 110 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan ke Jeddah.

Ya, evakuasi di tengah ketegangan perang suadara Sudan ini di bawah pimpinan Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto Jeddah, Rabu 26 April 2023.

Satgas evakuasi  terdiri dari kru pesawat, personel Satbravo Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), Kesehatan TNI, Psikolog TNI, BAIS TNI, Puspen TNI, dan staf Kemenlu.

Tahap awal berhasil mengevakuasi WNI yang terdiri dari 33 orang perempuan, 71 orang laki-laki dan enam anak-anak, untuk selanjutnya di bawa menuju posko evakuasi. 

Setelah melaksanakan pemeriksaan kesehatan, para WNI ini diangkut menggunakan Pesawat Boeing 737 A-7305 milik TNI AU sorti 1 dengan rute penerbangan Jeddah - Port Sudan - Jeddah.

 Mission Commander menyampaikan bahwa misi evakuasi rencananya akan dibagi menjadi beberapa sorti dan sorti pertama telah terlaksana dengan lancar tanpa kendala. Menurutnya, evakuasi akan diprioritaskan untuk Lansia, ibu hamil dan anak-anak.

BACA JUGA:UPDATE! 37 Mahasiswa Sumsel di Sudan Sudah di Kantor Imigrasi Jeddah Tunggu Informasi Kepulangan ke Palembang

Diketahui, sebelumnya 39 anggota pasukan khusus gerak cepat (kopasgat) TNI, diberangkatkan ke Sudan untuk membantu evakuasi ratusan WNI di negara yang terjebak ditengah konfliknya berenjata.

Konflik bersenjata sudah telah membuat banyak korban. Banyak warga negara di negara Sudan terjebak.

Konflik terjadi di Sudan adalah antara militer Sudan dan kelompok para militer pasukan dukungan Cepat -Rapid Support Forces RSF. Kedua belah pihak mempunya pendudkung ribuan penjuang militan.

Sudan? Adalah negara ketiga terluas di  benua Afrika, serta terluas keenam belas di dunia. 

BACA JUGA:Sudan Tambah Mencekam, 37 Mahasiswa Asal Sumsel dalam Perjalanan Laut Menuju Jeddah

Ya evakuasi WNI akan memerlukan beberapa tahap. Terutama evekuasi WNI dari ibuka Khartoum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: