Mentawai dan Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Secara Beruntun Hari Ini, Pertanda Apakah?

Mentawai dan Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Secara Beruntun Hari Ini, Pertanda Apakah?

Gempa bumi guncang Sukabumi dan Mentawai--

Mentawai dan Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Secara Beruntun Hari Ini, Pertanda Apakah?

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dua wilayah di Indonesia diguncang gempa bumi, Selasa, 25 April 2023, secara Beruntun. Kedua wilayah tersebut, yakni, Sukabumi dan Kepulauan Mentawai Sumatera Barat.

Dikutip dari website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di wilayah Sukabumi, pusat gempa bumi berada di laut 89 Kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi. 

Sedangkan, di Kepulauan Mentawai tepatnya berlokasi di laut pada jarak 177 Kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai Sumatera Barat pada kedalaman 23 Kilometer.

BACA JUGA:Efek EL Nino Hampiri Indonesia, Kemarau 2023: Suhu Udara Mendidih, Kekeringan Melanda

Gempa bumi pertama terjadi di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, sekitar pukul 03.00 WIB. Kemudian, disusul gempa bumi yang terjadi di Sukabumi sekitar pukul 05.30 WIB.

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Pantai Barat Sumatera merupakan gempa tektonik yang berkekuatan 6,9 skala richter. Sedangkan gempa bumi yang terjadi di wilayah Sukabumi berkekuatan 3,8 skala richter.

Berdasarkan keterangan resmi dari BMKG, gempa bumi di kedua wilayah ini tidak berpotensi tsunami. Namun, gempa bumi di Sukabumi dan Kepulauan Mentawai ini dapat dirasakan oleh masyarakat.

Seperti tampak di sebuah video yang viral di Instagram milik @indozone.id, dimana warga Siberut tampak kocar kacir berlarian untuk mengungsi ke tempat dataran tinggi saat gempa terjadi.

BACA JUGA:PascaPDIP Deklarasi Capres, Spanduk Ganjar Pranowo Bertebaran di Palembang

Perekam video mengatakan, bahwa warga berlarian mencari tempat yang aman pada saat terjadi gempa. Warga seolah tidak peduli dengan turunnya hujan cukup lebat, demi menyelamatkan diri.

"Ini suasana di daerah Muara Sikabaluan Mentawai, seluruhnya masyarakat sudah mengungsi ke Tamairang," sebut perekam video.

Dan ternyata, gempa bumi yang terjadi di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat ini sempat tujuh kali gempa susulan. Pihak BMKG juga sempat memberikan peringatan akan adany tsunami di Kepulauan Mentawai.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: