8 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Dapatkan Malam Lailatul Qadr di Sepuluh Hari Terakhir Ramadan

8 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Dapatkan Malam Lailatul Qadr di Sepuluh Hari Terakhir Ramadan

8 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Dapatkan Malam Lailatul Qadr di Sepuluh Hari Terakhir Ramadan, Rugi Jika Dilewatkan! --

8 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW untuk Dapatkan Malam Lailatul Qadr di Sepuluh Hari Terakhir Ramadan

SUMEKS.CO - Malam Lailatul Qadr di sepuluh hari terakhir ramadan menjadi suatu hal yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia, karena didalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Untuk mendapatkannya, seseorang harus meningkatkan ibadah dan memperbanyak amalan.

Begitu banyak keistimewaan yang Allah SWT berikan kepada hambanya melalui bulan ramadan. Selain dijadikan bulan yang suci dan penuh keberkahan, ramadan juga memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni, Malam Lailatul Qadr.

Malam Lailatul Qadr khusus diturunkan Allah SWT pada tanggal ganjil di sepuluh hari terakhir bulan ramadan dimulai dari 21, 23, 25, 27,dan 29 ramadan. Tak sedikit dari umat muslim diseluruh dunia yang ingin mendapatkan malam tersebut.

BACA JUGA:ASYIK...Tak Cuma GMT, Ramadan Tahun Ini Diwarnai Hujan Meteor Lyrids, 10 Hingga 20 Meteor Perjam

Meski tak bisa dipastikan kapan terjadinya Malam Lailatul Qadr, namun Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk meningkatkan ibadah dan memperbanyak amalan khususnya di malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan ramadan.

Adapun beberapa amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya yang ingin mendapatkan Malam Lailatur Ada yakni, 

1. Memperbanyak membaca Al Quran

Amalan yang diberikan Rasulullah SAW agar bisa mendapatkan Malam Lailatul Qadr yakni, dengan cara memperbanyak membaca Al Quran. Ini dikarenakan, kitab suci umat Islam tersebut pertama kali diturunkan Allah SWT bertepatan dengan bulan ramadan.

BACA JUGA:5 Jemaah Masjid di Indonesia Wafat Ketika Salat Selama Ramadan 2023, Nomor 5 Bikin Cemburu Umat Muslim Dunia

2. Memperbanyak salat sunah

Rasulullah SAW mengatakan, Malam Lailatul Qadr akan diberikan kepada manusia yang sibuk mengerjakan amalan semalam suntuk. Seperti contoh mengerjakan salat sunah tahajjud, salat taubah, hajat, salat tasbih, witir dan dan lainnya.

3. Iktikaf di Masjid

Amalan ini seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW saat sepuluh malam terakhir ramadan. Iktikaf merupakan amalan yang memperbanyak diam di masjid sembari melakukan ibadah sunah seperti membaca Al-Quran, dzikir, dan salat sunah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: