Terbaru, Tokopedia dan SKK Migas Bermitra Pasarkan UMKM Industri Hulu Migas

Terbaru, Tokopedia dan SKK Migas Bermitra Pasarkan UMKM Industri Hulu Migas

--

Terbaru, Tokopedia dan SKK Migas Bermitra Pasarkan UMKM Industri Hulu Migas

JAKARTA, SUMEKS.CO - Terkait Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan sebagai bagian dari promosi usaha mikro, SKK Migas - KKKS berkolaborasi dengan platform marketplace digital Tokopedia melalui Forum Kapasitas Nasional untuk mendorong pengembangan usaha dan pemasaran produk lokal, sehingga UMKM dapat berkembang pesat dalam pemasaran produk secara digital. 

Hudi D Suryodipuro, Kepala  Program dan Komunikasi, SKK Migas,  mengatakan promosi UMKM dan pemasaran produk UMKM di industri migas merupakan komitmen SKK Migas - KKKS untuk membantu usaha kecil di wilayah hulu migas. 

Menurut Hudi, pelatihan UMKM dapat meningkatkan perekonomian warga di wilayah kerja migas tersebut. Langkah ini mengimplementasikan rencana dan strategi yang telah ditetapkan oleh SKK Migas, dimana tujuan peningkatan produksi migas sejalan dengan peningkatan multiplier effect, salah satunya dengan bekerja sama dengan Tokopedia. 

“Kerja sama dengan Tokopedia ini merupakan komitmen nyata SKK Migas – KKKS terhadap produk lokal dan kami berharap produk UMKM ini dapat bersaing secara nasional,” kata Hudi kepada wartawan, Minggu, 16 April 2023 di Jakarta.

BACA JUGA:Ida Dayak Dieluh-Eluhkan, Eh...Muncul Wanita Tagih Janji Ida Dayak yang Katanya Bisa Bikin Lurus Tangah Patah

Kerja sama dengan Tokopedia dalam pendistribusian produk UMKM telah selesai, dan langkah pertama adalah mengadakan pelatihan bagi para pengusaha UMKM dan Tokopedia secara offline dan online. 

Menurut Ketua Forum Kapasitas Nasional Erwin Suryad, sekitar 300 UMKM binaan industri migas bermain di platform digital Tokopedia.

“Kami melihat ini sebagai peluang bagi UKM untuk memasarkan produknya lebih luas dan menjangkau puluhan juta calon pembeli di platform Tokopedia,” ujar Erwin. 

Erwin menambahkan, kerja sama dengan Tokopedia ini merupakan kelanjutan dari program pelatihan UMKM yang dilaksanakan pada  Forum Kapasitas Nasional kedua tahun 2022, dimana UMKM binaan Kontraktor KKS masih memiliki ruang untuk perbaikan. 

BACA JUGA: Hubungi Nomor Ini 0811-8886-600 dan 0711-5541478 Jika Butuh Bantuan Saat Melintasi Tol Kayuagung - Palembang

“Pada tahun 2023, Program Keahlian Nasional III bertujuan untuk menunjukkan kesinambungan dan keberlanjutan program dengan bermitra dengan entitas eksternal yang berkualitas seperti Tokopedia, Sucofindo, Mayo dan Petrotekno,” kata Erwin. 

Sementara itu, Direktur Humas Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia tetap berupaya memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan perkembangan UKM lokal di Hulu Migas melalui teknologi. 

Menurut Aditya, saat ini Tokopedia  menjadi rumah bagi lebih dari 12 juta penjual, yang hampir seratus persen (100%) adalah usaha kecil dan menengah lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: