Dubes Jepang Kanasugi Kenji 'Agam Nian' dengan Pengasuh Ponpes Ittifaqiah Indralaya KH Mudrik Qori

Dubes Jepang Kanasugi Kenji  'Agam Nian' dengan Pengasuh Ponpes Ittifaqiah Indralaya KH Mudrik Qori

Pengasuh Ponpes Ittifaqiah KH Mudrik Kori dan Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji di dampingi Direktur Politik Tanaka Motoyasu dan Reseacher Izawa Tomomi. Foto: dok Sumeks.co--

Dubes Jepang Kanasugi Kenji 'Agam Nian' dengan Pengasuh Pinpes Ittifaqiah Indralaya KH Mudrik Qori 

JAKARTA- SUMEKS.CO- Drs KH Mudrik Qori Pengasuh (Mudir) Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ittifaqiah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dapat penghormatan khusus dari Duta Besar Jepang. 

Orang yang menjabat Ketua Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Prov Sumsel  diundang untuk berbuka puasa oleh  Kanasugi Kenji Duta Besar (Dubes) Jepang untuk  Indonesia, di Jakarta, Jumat 14 April 2023.

KH Mudrik Qori disambut langsung oleh Dubes Kanasugi Kenji di dampingi Direktur Politik Tanaka Motoyasu dan Reseacher Izawa Tomomi, beserta jajaran dengan  sangat ramah dan penuh keakraban. 

"Dubes Jepang tersebut "agam nian" (senang sekali)  dengan Kiai Mudrik Qori, yang juga Ketua Hariana LPTQ Sumsel," ujar Ust Eko Arisandi, Sekretaris Yayasan Ponpes Al-Ittifaqiah yang mendampingi Kiai Mudrik pada acara tersebut.

Ditambahkan Ustad Eko Arisandi (UEA) KH Mudrik Qori bersama para tamu lainnya, disuguhi hidangan berbuka dengan makanan masakan Jepang.

BACA JUGA: Ada Lagi, Pemuda OKI Wakili Indonesia di Ajang MTQ Internasional

Acara buka puasa ini, kata UEA merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Dubes Jepang.  

Keakraban ini dimulai dari adanya kerjasama dengan PPIM UIN Jakarta yg dimulai dari tahu 2004. Pemerintah Jepang kemudian mempunyai program mengudang para pimpinan pondok pesantren untuk berkunjung ke Jepang dalam rangka studi pendidikan dan budaya di Negeri Sakura tersebut.

Kerjasama juga berbentuk pertukaran pelajar. Sudah 4 kali santri Ittifaqiah 'nyantri' di Jepang. Jepang juga mengucurkan bantuan grast roote untuk pesantren. ''Berupa Gedung belajar dan mobilier untuk Madrasah Ibtidaiyag (MI) yang tahun ini diperoleh ponpes Al-Ittifaqiah,'' jelas Ustad Eko yang juga Kabid Pemberdayaan dan Fasilitasi LPTQ Sumsel.

Selain KH Mudrik Qori hadir dari Sumsel dalam kesempatan yakni Mudir Ponpes Ar-Rahman Tegal Binangun Palembang, Kiyai Moh Muchsan ini pernah diundang ke Jepang tahun 2017.  

Sementara dari Ponpes Al-Ittifaqiah juga hadir Ketua Yayasan Ust HM Joni Rusli dan Sekretaris Yayasan, Ust Eko Arisandi. 

BACA JUGA:STQH/MTQH Tingkat Kabupaten-Kota Tahun 2023 Se-Sumsel Berakhir Berikut Ini Catatannya

KH Mudrik Qori sangat mengapresiasi inisiatif Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang menggaet para pimpinan pondok pesantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: