5 Amalan ini Bisa Dikerjakan Pada 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

5 Amalan ini Bisa Dikerjakan Pada 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Ilustrasi. foto: dendi romi sumeks.co--

5 Amalan ini Bisa Dikerjakan Pada 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sepuluh malam terakhir bulan Ramadan merupakan momentum penting. Hal ini dikarenakan kesempatan emas bagi seorang muslim untuk memperbaiki atau memperbanyak amal ibadah.

Sebagaimana hadits dari Aisyah Radhiyallahu anha, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (HR. Muslim).

Amalan yang bisa kita lakukan pada 10 malam terakhir Bulan Ramadan antara lain sebagai berikut :

1. Melaksanakan Salat Isya dan Subuh Berjamaah

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda:

“Barang siapa salat Isya berjamaah, maka ia bagaikan salat (sunah) setengah malam, dan barang siapa salat Subuh secara berjamaah, maka ia bagaikan salat (sunah) semalam penuh.” (HR Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi)

BACA JUGA:Berbagi di Bulan Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Palembang

2. Mengerjakan Salat Malam dan Membangunkan Keluarga untuk Beribadah

Salat malam juga baik dilakukan pada 10 malam terakhir Bulan Ramadan guna memperbanyak amal ibadah. Terlebih jika membangunkan keluarga untuk beribadah pada malam hari.

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

3. I’tikaf

I’tikaf berarti berdiam di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tidaklah seseorang keluar dari masjid, kecuali untuk memenuhi hajatnya sebagai manusia. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan ramadan. (HR. Muttafaq ‘alaih)

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak ibadah lain yang bisa kita lakukan seperti tilawah Al Quran dan berusaha bisa khatam di Ramadan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: