Bayi Dalam Kandungan, Wajibkah Membayar Zakat Fitrah?

Bayi Dalam Kandungan, Wajibkah Membayar Zakat Fitrah?

Ilustrasi.--

Bayi Dalam Kandungan, Wajibkah Membayar Zakat Fitrah?

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sering terbesit di benak seorang muslim bagi yang belum mengetahui bagaimana hukum mengeluarkan Zakat Fitrah untuk janin dalam kandungan?

Hukum mengeluarkan Zakat Fitrah untuk janin dalam kandungan ternyata tidak wajib.

Lantas, mengapa hukum mengeluarkan Zakat Fitrah untuk janin dalam kandungan ternyata tidak wajib? 

Hal itu karena janin yang ada di dalam kandungan belum memiliki kewajiban dan belum jelas apakah kelak janin tersebut akan lahir hidup ke dunia atau tidak.

Seperti yang dikutip dari buku Catatan Faedah Ilmu di Bulan Ramadan karya Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As Sidawi tupanya para ulama sudah sepakat jika janin yang masih ada di dalam kandungan tidak wajib dikeluarkan Zakat Fitrahnya.

BACA JUGA:Ini Hukuman Orang yang Tidak Menunaikan Zakat

“Para ulama telah sepakat bahwa tidak ada kewajiban Zakat bagi janin yang berada di perut ibunya,” ungkap Imam Ibnu Mundzir.

Hal selaras juga disampaikan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, bahwa memang tidak ada kewajiban Zakat Fitrah bagi janin dalam kandungan.

Namun, menurut ulama dari Mazhab Hanabilah membolehkan mengeluarkan Zakat Fitrah bagi janin dalam kandungan berdasarkan dalil dari sebuah atsar Utsman bin Affan radhiyallahu anhu yang mengeluarkan Zakat Fitrah bagi janin dalam kandungan.

Selain itu, menurut Syarh Mumti, janin yang boleh dikeluarkan Zakat Fitrahnya asalkan usia janin sudah menginjak empat bulan. 

Hal tersebut berdasar pada ruh yang sudah ditiupkan kepada janin yang sudah memasuki usia empat bulan.

Diketahui Zakat Fitrah memiliki keutamaan yang sungguh luar biasa. Zakat jenis ini bisa menjadi pembersih bagi semua muslim yang telah menjalankan ibadah puasa sekaligus mampu mensucikan dari hal-hal yang tidak bermanfaat asalkan niatnya untuk mencari Ridho Allah SWT.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: