Begini Progres Terbaru Ruas Tol Kapal Betung Tahap 2 yang akan Diresmikan Presiden Jokowi

Begini Progres Terbaru Ruas Tol Kapal Betung Tahap 2   yang akan Diresmikan Presiden Jokowi

Ruas tol Kapal Betung tahap-2 akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Foto: Waskita Instagram--

PALEMBANG- SUMEKS.CO- Bagaimana perkembangan kontruksi jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung Tahap 2 atau sering disebut Tol Kapal Betung 2? Saat ini kontruksinya telah mencapai 58,9 persen. 

Ya tol Kapal Betung Tahap 2 proyek yang dikerjaikan Waskita Persero ini ruas tolnya mulai dari Keramasan-Musi Landas-Betung.  

Keberadan Tol Kapal Betung akan memangkas waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Kayuagung-Betung bisa ditempuh dengan waktu 1-1,5 jam. Tentunya dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam.

Kabarnya jalan tol Palembang-Betung tahap 2 ini bakal diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 6 Juli 2023.

Tahap ke-2 ini dibagi lagi menjadi seksi-2 tol Keramasan - Musilandas sepanjang 24 90 KM. Dan proses kontruksinya mencapai 73,81 persen.

Seksi-3 tol  Musi Landas - Betung sepanjang 44,29 KM. Saat ini kontruksinya baru mencapai 43,09 persen yang semuanyan ditargetkan selesai kontruksi Agustus 2023.

Saat ini untuk prioritas kontruksi jalan tol Kapal Betung adalah pada segmen Simpang Susun (SS) Sungai Rengas (sta 63+000) sampai SS Pangkalan Balai (sta96+000) sepanjang 33 KM yang ditargetkan pad bulan Juli 2023.

Ya dalam menyelsaikan akses Simpang Susun (SS)  Sungai Rengas ini tim menggunakan konstruksi Cakar Ayam Modified (CAM).  

''Metode ini dapat meminimalisir penurunan badan setempat dan meningkatkan tahanan terhadap gesekan antara kendaraan dengan perkerasan.  ''Struktur yang dikembangkan nantinya bisa menahan beban yang lebih berat," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit saat melakukan kunjungan ke lokasi proyek beberapa waktu lalu.

Saat ini tengah dilakukan penyelesaian pekerjaan struktur antara lain bangunan perlintasan overpass, underpass, dan beberapa lokasi jembatan.

"Semoga Tahap II yang tengah dikerjakan oleh PT Waskita Sriwijaya Tol ini dapat selesai tepat waktu, tepat mutu, dan juga akses tol ini nantinya akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Danang.

Diketahui proyeks Jalan Tol Kapal Betung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT PT Waskita Sriwijaya Tol. 

Investasinya menelan  Rp. 22,16 Triliun dengan memiliki 7 buah simpang susun (SS) yakni SS SP Padang, SS Jejawi, SS Kramasan, SS Gandus, SS Sungai Rengas, SS Pulau Rimo, SS Pangkalan Balai

Jalan Tol Kapalbetung saat ini sudah beroperasi yakni Seksi 1 dan 2A dari Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang (42,5 Km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: