Ini Hukuman Orang yang Tidak Menunaikan Zakat

Ini Hukuman Orang yang Tidak Menunaikan Zakat

Pemberian zakat oleh Pemkab OKI. foto: dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Zakat merupakan kegiatan mengeluarkan harta tertentu dari seseorang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Secara bahasa zakat berarti bersih, suci, subur, berkat, dan berkembang menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. 

Zakat menjadi kewajiban yang sudah disepakati secara luas oleh seluruh ulama di dunia. Oleh karena itulah zakat dikategorikan sebagai masalah pokok (dharuriyat) agama Islam.

Berikut ancaman bagi orang yang meninggalkan kewajiban berzakat :

1. Mendapatkan Siksaan yang Pedih

Allah SWT berfirman, “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka, (lalu dikatakan) kepada mereka, ‘Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (Q.S. At-Taubah: 34-35).

2. Mendapat Balasan Pada Hari Kiamat

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang dianugerahi kekayaan oleh Allah, tapi tidak mengeluarkan zakatnya, maka kekayaan itu akan diperlihatkan kepadanya pada hari kiamat dalam rupa seekor ular jantan tak berbulu dan di atas matanya terdapat dua titik hitam".

Ular itu terus melilitnya pada hari kiamat, lalu mencengkram kedua rahangnya seraya berkata, "Akulah harta simpananmu. Akulah kekayaanmu.”

Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam membacakan Q.S. Ali ‘Imran ayat 18 berikut ini "Sekali-kali janganlah orang-orang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat".

3. Akan Disiksa Dengan Lempengan Besi Panas

Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa mereka yang tidak menunaikan zakat akan disiksa dengan lempengan-lempengan besi panas selama hari kiamat, yang mana satu harinya sama dengan 50 ribu tahun di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: