Pelajar SMP Sederajat di Empat Lawang Wajib Bisa Baca Tulis Al Quran

Pelajar SMP Sederajat di Empat Lawang Wajib Bisa Baca Tulis Al Quran

Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Empat Lawang.--dok : sumeks.co

EMPAT LAWANG, SUMEKS.CO – Meningkatkan mutu pendidikan yang berlandaskan nilai moral dan keimanan, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, mewajibkan pelajar tingkat SMP sederajat bisa baca tulis Al Quran.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang kembali menegaskan wajibnya pelajar tingkat SMP sederajat bisa baca tulis Al Quran mendukung cita-cita menuju Empat Lawang yang agamis.

 “Dengan pengenalan pendidikan keagamaan, terutama dalam membaca Al Wuran siswa akan lebih memahami pendidikan dengan baik. Karena sejak usia dini sudah punya bekal keimanan dan ketaqwaan. Sehingga dalam perkembangannya SDM di Empat Lawang dapat lebih baik,” kata Kadisdikbud Empat Lawang, Drs Jon Heri, dikutip dari palpres.bacakoran.co.

Pihaknya, menurut Jon Heri terus menyampaikan hal ini kepada sekolah yang ada di Empat Lawang. Terutama jenjang pendidikan Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).

BACA JUGA:Sungai Seguring Empat Lawang Meluap, 25 Rumah dan Sekolah Direndam Banjir

Sudah waktunya pada jenjang SD/MI memperhatikan pendidikan sejak usia dini. Membekali anak-anak dengan pendidikan keagamaan.

Selanjutnya setelah memasuki jenjang pendidikan menengah, para siswa itu telah memahami dasar pendidikan keagamaan dan guru agama hanya menambahkan pemahaman lanjutan.

“Memang sangat disayangkan jika pada pendidikan SMP dan MTs serta  SMA dan MA, masih belum bisa membaca Al Quran,” kata Jon Heri.

Selanjutnya, kata Jon Heri, peran aktif dari orang tua juga dapat mendukung, memberikan motivasi bagi anak untuk belajar Al Quran sejak usia dini.

BACA JUGA:Berkaca Kasus Penganiayaan Anak Panti di Kota Palembang, Dinsos Empat Lawang Cek Panti-panti di Wilayahnya

Dimana, perkembangan zaman dan tekhnologi dapat memberikan dampak positif dan negatif dalam perkembangan anak-anak. Karenanya sangat perlu bimbingan dan arahan yang baik, terutama dalam nilai norma dan keimanan agar tdak terjerumus dalam hal negatif.

Jenjang pendidikan SMP/ MTs merupakan langkah awal, menuju perkembangan mental dan kemampuan seseorang.

“Karena pendidikan sifatnya adalah investasi jangka panjang, maka dengan pendidikan yang baik Insyaallah ke depan SDM dapat lebih baik juga. Minimal dapat membaca dan mengenal huruf Al Quran,” kata Jon Heri.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: