Info Harga di Pasar Kayuagung, OKI, Harga Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu/Kg

Info Harga di Pasar Kayuagung, OKI, Harga Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu/Kg

Pasar Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir.-niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO – Harga kebutuhan bahan pokok satu persatu mulai naik. Seperti harga daging sapi di Pasar Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, sudah Rp150.000 per kilogram. 

"Iya untuk hari ini harga daging sapi yang dijual pedagang tembus Rp150.000 per kilogram, harga ini naik dan sudah terjadi sejak hari pertama puasa," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, Alamsyah melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, M Iqbal Rasyid SP MM, saat dikonfirmasi SUMEKS.CO, Minggu 26 Maret 2023.

Iqbal mengungkapkan, dihari biasa yakni sebelum masuk bulan puasa harga daging sapi dijual pedagang Rp120.000 hingga Rp130.000/Kg. Apalagi di pasar tradisional Kayuagung ini tidak banyak penjual daging sapi. 

"Sebenarnya bukan hanya daging sapi saja yang naik setiap memasuki bulan puasa tetapi juga kebutuhan yang lainnya. Daging ayam juga naik harganya," terang Iqbal. 

BACA JUGA:Jelang Ramadhan Masyarakat Kayuagung OKI Ziarah ke Makam Keluarga

Masih kata Iqbal, harga kebutuhan pokok naik setiap menjelang puasa, selama bulan puasa serta menjelang hari Raya Idul Fitri nanti,  karena permintaan banyak atau tinggi. 

"Selama bulan puasa permintaan akan daging sapi dan lainnya tinggi, sehingga harga nya menjadi mahal. Pasokan daging sapi di pasar Kayuagung ini berasal dari Kayuagung sendiri. Pedagang potong sendiri," jelasnya. 

Lanjutnya, selain harga daging sapi yang tembus Rp 150 ribu/Kg sedangkan untuk daging ayam yang juga tinggi permintaan selama bulan puasa hari ini dijual pedagang sebesar Rp34.000/Kg, sebelumnya harganya Rp30.000/Kg.

"Untuk harga sayur mayur juga naik berkisar Rp 1000 hingga lebih. Dan ada sebagian bahan sembako lainnya sudah naik sebelum puasa," ujarnya. 

BACA JUGA: 370 Jamaah Haji Reguler Kabupaten OKI Berhak Lunasi Bipih, Jadwal Pelunasan Menunggu

Ditambahkan Iqbal, untuk harga telur ayam yang juga banyak permintaannya bukan di bulan puasa sampai saat ini masih tinggi. Yaitu dijual pedagang Rp 28.000/Kg. Harga ini sudah lama terjadi sejak beberapa minggu terakhir ini. 

"Kalau harga telur ayam juga masih mahal, dijual Rp 28.000/Kg pernah turun Rp 26.000/Kg hanya beberapa minggu lalu naik lagi. Sudah lama harganya mahal tidak pernah dibawah harga Rp 25.000/Kg," pungkasnya. 

Terpisah salah satu ibu rumah tangga, Sopia mengatakan, harga daging sapi yang terbilang mahal membuat dirinya hanya bisa sedikit. Dengan alasan uang yang ada berbagi untuk membeli kebutuhan lainnya. 

"Terpaksa beli sedikit daging sapinya karena mahal. Karena untuk membeli kebutuhan lainnya. Berharap pemerintah ada pasar murah kebutuhan pokok biar terbantu," tukasnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: