Ziarah Kesultanan Palembang Lamo Sukses, ini Harapan Sultan Palembang

Ziarah Kesultanan Palembang Lamo Sukses, ini Harapan Sultan Palembang

Ziarah Kesultanan Palembang Lamo dan Auliah.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja berharap Ziarah Kesultanan dan Auliah Palembang Lamo Masuk Agenda Pariwisata Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang.

Ziarah Kesultanan dan Auliah Palembang Lamo di kawasan 1 Ilir Palembang telah dilangsungkan pada Minggu 19 Maret lalu dan berlangsung sukses.

“Kalau bisa kegiatan ziarah Kesultanan dan Auliah Palembang Lamo di kawasan 1 Ilir Palembang masuk agenda pariwisata Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang, Insya Allah bisa masuk agenda ke depannya, bukan hanya ziarah qubro tapi juga ziarah Palembang Lamo juga termasuk orang-orang Kesultanan Palembang lama," ungkapknya kepada awak media, Kamis 23 Maret 2023.

SMB IV Jaya Wikrama menjelaskan,  lokasi ziarah  Kesultanan dan Auliah Palembang Lamo di kawasan 1 Ilir Palembang ini menurut merupakan kota awal munculnya Palembang. Oleh karena itu harus dikuatkan dan dihidupkan kembali tradisi tersebut. 

BACA JUGA:Kopiah Resam Laris Manis di Ziarah Kubro

"Terlebih yang hadir di ziarah  Kesultanan dan Auliah Palembang Lamo di kawasan 1 Ilir Palembang hampir seribuan, itu kemarin yang masih lokal, Insya Allah ke depan  tamu luar negeri akan kita undang juga,” jelasnya.

SMB IV Jaya Wikrama menyebutkan, sebelum digelar ziarah  Kesultanan dan Auliah Palembang Lamo di kawasan 1 Ilir Palembang. Kegiatan diawali dengan sarapan bubur khas Palembang di Masjid Sultan Agung 1 Ilir dilanjutkan dengan ziarah ke Kawah Tekurep untuk melakukan zikir dan doa bersama.

Setelah itu dilanjutkan dengan pawai ziarah dipimpin ustaz  KH Ahmad  Fauzi Zawawi Idzhom bin KH Abdullah Zawawi Idzhom sepanjang 1 kilometer. Selama perjalanan dilakukan zikir dan salawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

"Terakhir para peserta ziarah sampai Pemakaman Sultan Agung Qomaruddin Sri Truno Sido Ing Lautan dan acara ditutup doa dan makan khas Palembang ngidang," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: