Jelang Ramadhan Masyarakat Kayuagung OKI Ziarah ke Makam Keluarga

Jelang Ramadhan Masyarakat Kayuagung OKI Ziarah ke Makam Keluarga

TPU Kelurahan Jua jua Kayuagung telah dibersihkan oleh masyarakat. -Niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO -  Jelang Ramadhan 1444 Hijriah masyarakat Kayuagung, Ogan Komering Ilir, berziarah ke makam makam keluarga, Rabu, 22 Maret 2023.

Seperti di Tempat Pemakaman Umum (TPU)  Kelurahan Jua-jua Kayuagung. Sejumlah masyarakat berziarah ke makam mengajak keluarganya. 

Ziarah ke makam mengunjungi orang yang meninggal dunia merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun menjelang puasa dan Hari Raya Idul Fitri. 

Dikatakan salah satu peziarah Lastri, ia bersama dengan keluarga berziarah karena besok sudah puasa.

BACA JUGA:Lima Prioritas Rencana Kerja Pembagunan Daerah 2024 Pada Musrenbang OKI

"Hari ini ziarah karena besok sudah puasa dan hari ini libur jadi menyempatkan berziarah," ungkapnya.

Lastri menegaskan, berziarah menyambut puasa dan lebaran nanti bagi keluarganya wajib. Dengan alasan ini merupakan mengingat orang atau keluarga yang telah meninggal dunia. 

"Di tempat ziarah kami membersihkan makam, rumput rumput yang ada dibersihkan dan terpenting mendoakan yang meninggal dunia," terangnya. 

Masih kata Lastri, berziarah mengunjungi kakek, nenek, suadara ibu dan bapak yang telah meninggal dunia. Semuanya makamnya dibersihkan dan didoakan. 

BACA JUGA:Beruntung, Dua Warga Kayuagung, OKI Dapat Hadiah Umroh Gratis dari Masjid Agung Sholihin

"Kalau bukan kita sebagai anak cucu dan keluarga yang membersihkan dan mendoakan siapa lagi. Sudah menjadi kewajiban kita mendoakannya," katanya. 

Dia menambahkan, untuk ziarah di TPU Kelurahan Jua jua ini tidak menentu ramainya. Tetapi mendekati puasa sudah ada beberapa masyarakat yang berziarah. "Ada yang datang pagi, siang dan malam. Tapi baru beberapa hari ini mulai ramai berziarah," tukasnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: