Bersihkan Makam dan Berdoa, Tradisi Warga Kota Palembang Menjelang Ramadhan

Bersihkan Makam dan Berdoa, Tradisi Warga Kota Palembang Menjelang Ramadhan

Peziarah di TPU Kandang Kawat, Palembang, membersihkan makam keluarganya, Minggu, 19 Maret 2023.-naba-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menjelang Ramadan 1444 Hijriah, masyarakat Kota Palembang memadati Tempat Pemakaman Umum Kandang Kawat, di Kecamatan Ilir Timur 2. 

Warga datang untuk membersihkan makam keluarga yang ada pemakaman tersebut. Usai mencabut rumput yang tumbuh di makam , peziarah akan berdoa. 

Selanjutnya, menaburkan bunga warna warni yang dibeli di pedagang sekitar tempat pemakaman atau dibawa sendiri dari rumah. Terakhir, menyiram makam dengan air. 

Tempat Pemakaman Umum Kandang Kawat, Jl Bambang Utoyo, 5 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2, Kota Palembang, Sumatera Selatan, merupakan salah satu yang ramai dikunjungi peziarah.

BACA JUGA:Hadiri dan Khusyu di Haul ke-11 KHM Zen Syukri, Ratu Dewa Ingat 2 Pesan Berharga

BACA JUGA:Ziarah Makam Jelang Puasa, Penjual Bunga di TPU Naga Swidak Kebagian Berkah

Pada Minggu, 19 Maret 2023, sejak pukul pukul 07.00 Wib peziarah sudah berdatangan.  

Salah satu petugas TPU Kandang Kawat, Tegar mengatakan menjelang ramadhan peziarah ramai berdatangan sejak pagi hingga sore.

"Menjelang Ramadan ini masyarakat banyak berdatangan hingga H-1. Mereka berkunjung tepatnya dari pukul 07.00 Wib sampai sore sekitar sebelum Maghrib, masih ramai berdatangan. Peziarah dalam sehari mencapai ribuan," katanya kepada SUMEKS.CO.

Sementara, salah satu peziarah warga Lemabang, Assad mengungkapkan sengaja bersama keluarga untuk berziarah ke TPU Kandang Kawat setiap menjelang ramadhan.

BACA JUGA:Hari Ini, Sumeks Electric Motor Show Ditutup, Dimerahkan Senam PLN Mobile, Aerobic Competition dan K-Pop Dance

BACA JUGA:Wajah Fresh Saat Ramadhan, Pakai Hydration Serum Hingga Sunscreen di Event Sumeks Electric Motor Show 2023

"Tiap jelang Ramadan kami datang kemari untuk mendoakan orang tua yang telah tiada," ungkapnya.

Bukan hanya masyarakat Kota Palembang saja yang berziarah ke TPU Kandang Kawat. Banyak juga peziarah dari luar kota, seperti dari Jakarta, Bandung, Kalimantan, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: