Sony Rilis Kamera Khusus Penyandang Tuna Netra

Sony Rilis Kamera Khusus Penyandang Tuna Netra

Sony rilis kamera khusus tunanetra. --net

SUMEKS.CO – DSC-HX99 RNV merupakan kamera keluaran terbaru dari Sony dengan fitur point-and-shoot untuk memudahkan fotografer tunanetra melihat objek dengan jelas.

Kamera yang terdiri dari point and shoot ini hadir dalam kit dengan system projeksi laser retina.

Untuk memperluas aksebilitas dan kesetaraan pihak Sony memberikan manfaat kepada fotografer yang terhalang penglihatan.

Kamera ini tidak hanya membantu fotografer yang punya keterbatasan pengelihatan, namun juga dapat membantu fotografer dalam mengaplikasikan dan mengeksplorasi bakat dan hobinya.

BACA JUGA:Lagi, Perusahaan Induk Facebook, Meta PHK 10 Ribu Karyawan Di Tahun Ini

Kelebihan lainnya, kamera khusus inii dilengkapi dengan lensa zoom 24mm hingga 720mm dan sensor berlampu 18 megapixel dengan built in stabilize gambar internal.

Sony juga mengadopsi Retissa Neoviewier dari proyek QD Laser, Jepang dalam kamera baru yang memungkinkan gambar diambil dari kamera ke retina pengguna.

Sebelumnya, Sony juga pernah mengeluarkan kamera Sony A7 IV yang memiliki menu screen reader, dimana memudahkan penyandang tuna netra untuk berinteraksi mudah dengan menu kamera.

Fitur screen reader ini bekerja saat kamera dihidupkan lalu kamera akan dengan otomatis membacakan teks digital pada layar kamera untuk memudahkan pengguna memahami.

BACA JUGA:Wow Keren, Pemerintah Berikan Subsidi Puluhan Juta untuk Pembelian Mobil Listrik Ioniq 5 dan Air ev

Teknologi text-to-speech yang dimiliki screen reader di kamera sony A7 IV memungkinkan pengguna tunanetra untuk membaca teks digital pada layar kamera dan melakukan pengaturan pada menu kamera.

Untuk kamera keluaran terbaru sony DSC-HX99 RNV, pengalaman seperti ini memungkinkan keterbatasan pengguna dengan projeksi retina bebas focus yang nampak lebih tajam dalam melihat dan menangkap dunia.

Kecanggihan dari Retisse Neoviewer dalam kamera ini memungkinkan pengguna dapat membaca tanda, mengambil foto dan video bahkan melihat wajah.

Dikutip dari terasjakarta.id, menurut Dr Mitsuru Sugawara, presiden dan CEO QD Laser.

BACA JUGA:Hasil MPL ID Season 11 Week 5 Hari Pertama: RRQ Hancurkan Rekor Onic Esports

Proyeksi retina laser dari Retissa Neoviewer di kamera untuk tunanetra adalah teknologi yang benar-benar baru yang telah digunakan secara praktis untuk pertama kalinya di dunia.

Kamera Sony DSC-HC99 RNV akan segera dirilis dengan harga sekitar $600 USD atau jika dirupiahkan mencapai  Rp9,2 juta rupiah.

Penjualan ini akan diberlakukan terbatas yang hanya dijual di gerai resmi sony, dengan peraturan sistem penjualan satu orang hanya boleh membeli satu kamera Sony DSC-HC99 RNV.

Ini dikarenakan bentuk dukungan terhadap komunitas low-vision dimana pihak sony akan menanggung sebagian besar biaya produksi kamera tersebut.

BACA JUGA:5 Hero Mage Mobile Legends yang Cocok untuk Pemula

Pihak Sony juga mengklaim bahwa mereka akan bermitra dengan sekolah-sekolah Amerika dan Jepang untuk menyediakan kamera pada siswa yang tercatat tuna netra.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: