Ini Program IMI Sumsel Terkait Pengembangan Kendaraan Listrik

Ini Program IMI Sumsel Terkait Pengembangan Kendaraan Listrik

Talkshow di Sumeks Electric Motor Show 2023 Palembang. Foto: Imi sumsel instagram--

PALEMBANG- SUMEKS.CO, Ahmad Wazir Noviadi atau yang biasa disebut Opie Mawardi mengatakan, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumsel siap bekerjasama dengan ATPM kendaraan listrik dan pemerintah untuk mendukung promosi penggunaan kendaraan listrik ke masyarakat. 

 Tak hanya itu saja. IMI Sumsel siap bekerjasama, bergandengan tangan bersama komunitas, club otomotif dan pembalap nasional yang tergabung dibawah naungan IMI.

Termasuk jika diminta untuk melakukan riset bagi pengembangan kendaraan listrik untuk dijadikan kendaraan balap. Baik untuk balap roda 2 dan roda 4.

'' IMI akan membahas kemungkinan penambahan class kendaraan listrik dalam event-event olahraga otomotif di Sumatera Selatan (Sumsel),” kata Opie mewakili Ketua IMI Sumsel Alpian Piuk Maskoni SH, yang berhalangan hadir.

Ya pernyataan itu disampaikan Opie Mawardi saat menjadi narasumber gelaran SUMEKS Electric Motor SHOW yang berlangsung pada15-17 Maret di Atrium Opi Mall Palembang.

BACA JUGA:PLN Jamin Mobil Listrik Sekali Charge Palembang-Lampung dan Berikan Banyak Promo di Electric Motor Show 2023

Menurut offroader asal Sumsel ini, pasca pandemi Covid 19 , pekerjaan rumah utama pemerintah adalah memulihkan ekonomi dengan mendukung aktivitas  perputaran ekonomi,  yang memerlukan mobilitas kendaran yang cukup tinggi, seperti untuk perdagangan, pariwisata, angkutan umum dan angkutan barang termasuk untuk kendaraan sehari-hari.

Maka, kata putra Wagub Sumsel ini, pemanfaatan kendaraan listrik yang ekonomis akan sangat membantu masyarakat terutama pengusaha yang memang membutuhkan kendaraan yang berbiaya rendah. 

Ya tentunya dengan keberadaan kendaraan listrik akan sangat membantu karena harga lebih murah dan bahan bakar juga murah. ''Apalagi jika kedepan ada juga kendaraan untuk angkutan barang yang menggunakan listrik tentu akan disambut baik oleh pelaku ekonomi,”; ujar Opie

BACA JUGA:Pasang Baru Listrik Semakin Mudah di PLN Mobile! Instalasi, SLO, dan Transaksi Pembayaran dalam Genggaman

Hanya saja, ke depan fasilitas pendukung untuk kendaraan listrik seperti pelayanan purna jual dan spare part, fasilitas pengecasan baterai yang cepat dan tersebar di seluruh wilayah Sumsel, dan akses kepada kendaraan listrik yang mudah hingga menjadi penting dan harus segera dipenuhi.

BACA JUGA:Yuk Diaturi Mampir, 15-19 Maret, Pameran Otomotif di OPI Mall, Sumeks Electric Motor Show 2023 Powered by PLN

Selain isu ekonomi pasca pandemi tentu isu utama adalah peralihan penggunaan energi dari minyak bumi ke electric  masalah isu global warming yang sedang melanda seluruh dunia. ""Pnggunaan kendaraan listrik ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi dampak dari masalah global warming tersebut,'' pungkas alumni Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII) (ril/*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: