Serang Ketek Kecipratan Rezeki Ziarah Kubro Palembang

Serang Ketek Kecipratan Rezeki Ziarah Kubro Palembang

Dermaga penyeberangan perahu ketek yang melayani peziarah Kubro. Foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kegiatan Ziarah Kubro 2023, menjadi berkah tersendiri setiap tahunnya bagi pengemudi perahu atau biasa disebut perahu "ketek" di Sungai Musi Kota PALEMBANG.

Pasalnya, para jemaah peserta Ziarah Kubro yang datang tidak hanya melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan ataupun berjalan kaki, namun juga melalui jalur sungai.

Seperti yang dikatakan Rusli (52), pengemudi perahu ketek yang telah belasan tahun mengangkut para jemaah Ziarah Kubro, khususnya yang ingin menggunakan moda transportasi air saat kegiatan Ziarah Kubro berlangsung.

Diungkapkannya, para jemaah Ziarah Kubro yang diangkut menggunakan kendaraan perahu ketek miliknya, dikenakan ongkos Rp10ribu per orang, dengan kapasitas maksimal 10 orang.

BACA JUGA: Gubernur Sumsel Hadiri Puncak Acara Ziarah Kubra Ulama & Auliya Palembang Darussalam

Dalam satu hari kegiatan ziarah kubro, dirinya mengaku biasanya membawa pendapatan kotor uang Rp200 ribu, belum dipotong minyak solar yang dipakai untuk perahu keteknya.

"Paling bersihnya Rp100 ribu untuk dibawa pulang ke rumah pak," kata pria tiga orang anak ini diwawancarai, Sabtu 11 Maret 2023.

Menurutnya, pendapatan sebagai seorang perahu ketek pada pelaksanaan kegiatan Ziarah Kubro pada tahun ini, dirasakan sedikit lebih berkurang, apalagi hampir tiga tahun terkahir kegiatan Ziarah Kubro ditiadakan akibat pandemi melanda.

Pada masa sebelum pandemi Covid-19 melanda, lanjutnya pendapatannya dalam kegiatan Ziarah Kubro bisa mencapai Rp300 ribu hingga Rp400 ribu.

BACA JUGA:Selama Pelaksanaan Ziarah Kubro 2023, Sebagian Besar Jemaah Bermalam di Rumah Sesepuh Habaib

"Terakhir pada tahun 2018, saat itu pendapatannya bisa dikatakan lumayan di bandingkan tahun ini sedikit lebih berkurang," tukasnya.

Kegiatan rangkaian Ziarah kubro dihari kedua ini akan diakhiri dengan kegiatan Haul Al Faqihil Muqaddam Tsani Al Imam Abdurrahman Assegaf pada pukul 18.00 Wib (Ba'da Maghrib) di Kampung sejarah Al Munawwar Jalan KHA Azhari Kelurahan 13 Ulu Kecamatan SU II Palembang.

Panitia Humas kegiatan Ziarah Kubro Fadil Muhammad Assegaf mengatakan sebelumnya dalam rangkai kegiatan dihari kedua ini, didahului pembacaan Burdah dalam rangka haul di kediaman sohibul Aulia Habib Ahmad bin Hasan Al Habsyi, dipimpin langsung oleh salah satu ketua panitia kegiatan yakni Ustadz Abdurrahman bin Hasan Al Habsyi.

"Pada kegiatan rangkaian acara ziarah kubro dihari kedua ini memang difokuskan di wilayah Seberang Ulu, baru nantinya dihari ketiga besok di wilayah Seberang Ilir sebagai puncak kegiatan Ziarah Kubro," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: