Banjir Melanda, Pemerintah Daerah Harus Tetap Tanggap

Banjir Melanda, Pemerintah Daerah Harus Tetap Tanggap

TINJAU : Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas SE MM meninjau lokasi banjir.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Usai melaksanakan kegiatan reses tahap I di Kabupaten Muara Enim. Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan  HM Giri Ramanda N Kiemas SE MM, memantau lokasi daerah rawan banjir dalam wilayah Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Ujan Mas.

Dalam kejadian banjir yang melanda wilayah Bumi Serasan Sekundang ini, Politisi PDI Perjuangan meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim harus tetap tanggap dan membantu masyarakat yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Enim dan Sungai Lematang

“Mulai dari semalam di beberapa tempat di wilayah Muara Enim mulai banjir dari luapan Sungai Lematang dan Sungai Enim bermuara di Muara Enim sehingga berimbas desa-desa sepanjang Sungai Lematang,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan didampingi Seketeris DPC PDI Perjuangan Akhmad Imam Mahmudi, Jumat 10 Maret 2023. 

Naiknya debit aliran air Sungai Lematang, kata dia, kalau setiap hari daerah uluan ekstensi curah air hujan lebat pasti daerah hilir seperti Kabupaten Muara Enim akan terdampak.

BACA JUGA:Sekjen Kemenkumham Minta Jajarannnya Untuk Mawas Diri

Dalam kejadian banjir kali ini, sesuai dari laporan pendataan Pemerintah Kecamatan Ujan Mas ada seribu lebih KK terkena dampak banjir. 

“Belum lagi Kecamatan Gunung Megang sampai batasnya Sungai Lematang. Saya sebagai Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan asli dari Kecamatan Ujan Mas Desa Tanjung Raman, mengimbau kepada seluruh masyarakat tetap waspada. Jangan sampai air Sungai Lematang meluap kembali masyarakat tidak siap untuk mengantisipasi banjir,” ujarnya.

Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, sambung Giri, harus untuk tetap tanggap dan membantu masyarakat yang terdampak. Minimal bisa mengurangi dampak yang dialami masyarakat. 

“Harapannya kepada pemerintah daerah bisa membantu untuk mengurangi beban mereka. Sebab dengan terjadinya banjir ini, otomatis kemampuan masyarakat untuk mecari nafkah, berkebun, bersawah dan mencari pasir  terbantu,” tegas Giri.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: