Nyalon Wako Palembang, ini Modal Charma Afrianto

Nyalon Wako Palembang, ini Modal Charma Afrianto

Charma Afrianto. Foto: edy Handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Charma Afrianto menegaskan bahwa seluruh kegiatan sosial yang dilakoni selama ini, murni untuk membantu masyarakat, tanpa ada unsur politisasi di dalamnya. Dengan modal itu Charma optimis untuk maju menuju PALEMBANG 1.

Sosok yang digadang-gadang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, untuk menjadi calon wali kota Palembang 2024-2029, Charma Afrianto baru-baru ini poster dan bannernya bermunculan di beberapa sudut Kota Palembang.

"Kalau kegiatan sosial yang saya lakukan sudah berjalan sejak 2020 lalu," kata Charma yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Cinta Rakyat (DPP Gencar), dibincangi SUMEKS.CO, Senin 6 Maret 2023.

Menurut Charma, apa yang dilakukannya selama ini sudah cukup untuk menaikkan elektabilitas di tengah masyarakat yang selama ini dibantu. Seperti program yang digagasnya yakni membantu puluhan janda di Palembang.

Tak hanya itu, program rutin yang dilakukan sejak beberapa tahun terakhir yakni memberikan makan dan pakaian kepada tunawisma yang biasa tinggal di beberapa halte sudut Kota Palembang.

"Berapa banyak masyarakat yang sudah saya bantu namun tidak terekspos di media. Dan memang saya sengajakan hal itu," tuturnya.

Bahkan, lebih dari itu Charma menjelaskan, tiap tahunnya bersama organisasi Gencar, sudah 220 ton beras yang disalurkan sejak Agustus hingga saat ini kepada masyarakat di Kota Palembang. Dah itu, murni dari kantong pribadinya tanpa ada embel-embel bantuan dari manapun.

Kendati, Charma tak menafikan bantuan yang diberi pemerintah dalam pendistribusian beras tersebut. Namun, bantuan itu hanya beberapa yang diberikan. Tujuannya, demi membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Jadi murni kegiatan sosial itu kita lakukan untuk membantu masyarakat. Terlepas mereka tergugah atau tidak untuk membantu ya itu urusan mereka," ucapnya.

Lanjut Charma, sebelumnya tak ada niatan dirinya untuk mencalonkan diri sebagai Calon wali kota (Cawako) Palembang. Hanya saja, berkat dorongan beberapa teman, kerabat, dan masyarakat, akhirnya niat itu pun muncul. Dan itu berawal dari kegiatan sosial yang dilakoninya selama ini.

"Awalnya tak ada niatan untuk maju. Karena kegiatan sosial yang selama ini saya lakukan murni untuk masyarakat. Namun, karena ada dorongan akhirnya saya beranikan untuk maju," bebernya.

Keberaniannya untuk bertarung di pentas Pilkada mendatang bukan tanpa alasan. Charma menilai, dengan 125.000 KTP warga yang selama ini dibantu melalui programnya, Charma optimis hal itu akan membawanya tampil sebagai Cawako yang paling siap di Kota Palembang.

"Soal popularitas dan elektabilitas sudah saya lakukan dari beberapa tahun lalu. Dan saya siap untuk membawa perubahan di Palembang," tuturnya.

Lebih lanjut, Charma menilai pemimpin yang diperlukan masyarakat saat ini adalah sosok yang memang mengerti tentang masalah di Palembang. Mulai dari segi ekonomi, kesejahteraan sosial masyarakat, dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: