70 Calon Pengantin di Jejawi OKI Ikut Bimbingan Perkawinan dari KUA

70 Calon Pengantin di Jejawi OKI Ikut Bimbingan Perkawinan dari KUA

Peserta Catin yang mengikuti Bimwin di Aula UPTD Pendidikan Kecamatan Jejawi OKI, Senin 27 Februari 2023.-Foto: dokumen/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memberikan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) kepada Calon Pengantin (Catin). 

"Hari ini kembali dilaksanakan Bimwin kepada Catin di Kecamatan Jejawi. Di dua lokasi," kata Kepala Kemenag Kabupaten OKI Drs H Subrata SH melalui Kasi Bimas Islam, H Ismid SAg kepada SUMEKS. CO, Senin 27 Februari 2023.

Ismid menjelaskan, sebanyak 70 orang catin ikut dalam pelaksanaan Bimwin Catin di aula UPTD Pendidikan Kecamatan Jejawi dan di Masjid As Syahid Desa Jejawi. 

"Pada pelaksanaan Binwin tadi selain KUA ada juga dari pihak puskesmas, penghulu, penyuluh dan lainnya," terangnya. 

BACA JUGA:Cegah Perceraian, Pasangan Calon Pengantin di OKI Diwajibkan Ikut Bimbingan Perkawinan

Masih kata Ismid, untuk kepala KUA materi diberikan Anoman SAg, penghulu Yudi M Iqbal, penyuluh Harimansyah SSos.

Sedangkan dari pihak puskesmas adalah Kartina Yuspiansari AMkeb. 

"Alhamdulilah dalam kegiatan Bimwin tadi semua peserta yang berasal dari beberapa Desa di Kecamatan Jejawi sangat senang dan bersemangat mengikuti Bimwin tadi," jelasnya. 

Lanjutnya, untuk Bimwin mandiri tahun ini khusus Catin ada 80 angkatan. Bimwin mandiri terus dilaksanakan di semua Kecamatan se Kabupaten OKI. 

Ismid menegaskan, adanya Bimwin Catin ini apabila Catin diupayakan mengikutinya, yakni seperti hari ini sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan rumah tangga. Bertujuan untuk mencegah angka perceraian. 

BACA JUGA:KPM BLT DD Kabupaten OKI Dituntaskan Awal Maret, Penyaluran Dana Desa Maksimal 25 Persen

Dalam pelaksanaan Bimwin, sambungnya, Catin diajarkan ilmu fiqih munakahat, ilmu taharah atau bersuci dan lainnya. Ilmu-ilmu agama yang diberikan sangatlah penting bagi Catin. 

Ismid menyebut, Bimwin tetap dilaksanakan dan diupayakan semua Catin mengikutinya. Untuk tahun ini jumlah peristiwa pernikahan pada Januari 2023 ini tercatat sebanyak 111 pasang catin yang dilaksanakan di KUA. 

"Semoga Bimwin hari ini peserta dapat menerimanya dan bermanfaat bagi mereka untuk menjadi ilmu dalam berumah tangga," tukasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: