Selangkah Menuju Wold Class University, Rektor Unsri Sebut Seluruh Fakultas Sudah Mereposisi Diri

Selangkah Menuju Wold Class University, Rektor Unsri Sebut Seluruh Fakultas Sudah Mereposisi Diri

Rektor Unsri, Prof Dr Ir H Anis Saggaff, M.Sc.E., IPU., ASEAN.Eng. -Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Universitas Sriwijaya (Unsri) selangkah lagi akan menjadi World Class University.

Untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh fakultas yang ada di Unsri saat ini sudah melakukan reposisi diri.

"Sejak saya menjadi Rektor Unsri tahun 2016 lalu, kita evaluasi proses pendidikan dengan meninggalkan gaya pendidikan model lama yang merupakan peninggalan zaman penjajahan," ungkap Rektor Unsri, Prof Dr Ir H Anis Saggaff, M.Sc.E., IPU., ASEAN.Eng, Kamis, 23 Februari 2023.

Salah satu gaya pendidikan yang dulu diterapkan, yakni, dosen tidak boleh dekat dengan mahasiswa. Menurut Anis, gaya pendidikan tersebut merupakan cara yang sesat. 

BACA JUGA:Duta Teladan Sekolah, Para Pemenang Pemilihan Bujang Gadis Mampu Berprestasi dan Menjadi Kebanggaan SMAN 10

"Bagaimana mau mendidik kalau dosen tidak dekat dengan mahasiswa. Mahasiswa itu dianggap sahabat, inilah yang dilakukan oleh negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa," sebut Anis.

Menurut Anis, Unsri mempunyai banyak alumni yang berkualitas dan tamatan dari universitas luar negeri seperti dari Jepang, Eropa dan Amerika. 

"Kita coba terapkan di Unsri, dan Alhamdulillah berhasil. Hal itu bisa dilihat dari motto pendidikan Unsri yakni cepat, tepat, qualified," katanya.

Ditambahkan Anis, mahasiswa Unsri harus cepat dalam menempuh pendidikan, tepat ilmu yang diberikan, serta harus berkualitas.

BACA JUGA:Nadiem: Kampus Mengajar Harus Jadikan Penguatan Literasi dan Numerasi

Makanya, pada wisuda ke-164 tahun 2023 lalu banyak mahasiswa yang lulus tercepat dan cumlaude. 

"Kalau tercepat sudah pasti cumlaude. Tidak mungkin lulus tercepat kalau tidak memiliki etika yang bagus. Dan ternyata, anak-anak kita ini jauh lebih maju dari yang kita programkan," katanya lagi.

Pada wisuda ke-164 tahun 2023 lalu, menurut Anis, sebanyak 58 persen lebih mahasiswa yang lulus tercepat merupakan mahasiswa FKIP.

Untuk itu, Anis berharap, kalau proses ini terus dilanjutkan, maka untuk menjadi wold class university, seluruh universitas yang hebat di dunia harus 80 persen lulus cumlaude. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: