Blokir Jalan Dibuka, Warga Leluasa Lintasi Hutan Kota Kayuagung

Blokir Jalan Dibuka, Warga Leluasa Lintasi Hutan Kota Kayuagung

Warga yang melintas di Jalan Hutan Kota Kayuagung. Foto: dokumen/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Warga yang melintas di Jalan Hutan Kota Kayuagung, siswa dan guru SMKN3 Kayuagung bisa leluasa melintas, setelah jalan yang sempat ditutup oleh oknum ahli waris yang mengklaim tanah tersebut  milik mereka.

Tokoh masyarakat  Kayuagung, H Tarmos mengungkapkan,  sejak tahun 1960 di ruas tersebut sudah ada jalan setapak, dan banyak ditanami karet oleh warga. "Jadi memang sudah lama menjadi jalan umum" terangnya.

Kemudian ada penutupan yang sangat mengganggu ketertiban  umum berlalulintas. Lalu sekarang  dibuka kembali.

"Kami berterima kasih pada Pemda OKI,  Polres OKI,  Satpol PP dan pihak terkait sudah membuka akses jalan ini," bebernya Kamis 16 Februari 2023.

BACA JUGA:Antisipasi Blokir Jalan Terulang, Satpol PP dan Polisi Berjaga di Sekitar SMK Negeri 3 Kayuagung

Tarmos mengungkap tanah  tersebut juga sudah diganti rugi pemerintah. 

"Saya ingat betul ukurannya lebar utara dan ke selatan 400 meter, karena ada tanahnya disana tapi sudah diganti  rugi," terang dia.

Jalan tersebut merupakan akses utama masyarakat sekitar bukan saja siswa dan guru yang bersekolah di SMKN3 Kayuagung. 

Tapi juga warga yang tinggal di Lebak Pancur serta perumahan di belakang  sekolah yang  setiap hari melintas lewat jalan tersebut. Ketika jalan ditutup, waraga terpaksa memutar jauh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Sengketa Lahan SMK Negeri 3 Kayuagung Bergulir ke Ranah Hukum, Polres OKI Tetapkan 3 Ahli Waris jadi Tersangka

Kabid Penegakan Perda Sat Pol PP OKI,  Mantiton menjelaskan, pihaknya  terpaksa membongkar beton penutup jalan karena itu melanggar ketertiban umum.  

"Itu jalan umum siapa saja bisa lewat karena ditutup dikeluhkan  warga makanya dibuka paksa menggunakan alat berat," Terang dia.

Sementara, anggota DPRD OKI, Tri Susanto menyambut  gembira akses jalan tersebut sudah dibuka warga, siswa dan guru tidak lagi harus memutar jauh. Ia mengapresiasi Pemda,  Polres,  Sat Pol PP dan pihak terkait  lainnya bisa membuka jalan ini. "Semoga tidak ada lagi pemblokiran," tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: