Upaya Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Muba Gelar Operasi Pasar, Catat Tanggalnya

Upaya Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Muba Gelar Operasi Pasar, Catat Tanggalnya

Operasi Pasar Beras Murah Pemkab Muba.-Foto: dok/sumeks.co-

SEKAYU, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) terus melakukan berbagai upaya nyata dalam menekan dan mengendalikan laju inflasi.

Di bawah komando Pj Bupati Muba, H Apriyadi, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba menggelar Operasi Pasar Beras Murah. Operasi Pasar ini akan digelar di Halaman Kantor Camat Sekayu, Rabu 15 Februari 2023. 

"Kami akan melaksanakan kegiatan Operasi Pasar Beras Murah dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah di Kabupaten Muba pada hari Rabu 15 Februari 2023. Operasi Beras Murah jenis premium dilaksanakan oleh Bulog Divre Provinsi Sumsel bekerjasama dengan Dinas Dagperib Muba," ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muba, Azizah, S.Sos, MT, Senin 13 Februari 2023.

Operasi Pasar Beras Murah ini akan menyiapkan 10 ton beras dalam kemasan 5 kg. Beras ini diperuntukkan bagi masyarakat Musi Banyuasin khususnya Kecamatan Sekayu dan sekitarnya.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Divonis Hukuman Mati

Tujuan OP Beras Murah adalah untuk mendukung program Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Muba juga dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok dan stabilisasi harga kebutuhan pokok menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1444 H.

"Setiap pembelian Beras Murah akan dilakukan dengan menggunakan kupon resmi dari Disdagperin dan 1 kupon berlaku untuk 1 karung isi 5 kg  beras premium," kata Azizah.

Dikatakan Azizah, selain di Kecamatan Sekayu, direncanakan juga pelaksanaan OP Beras Murah di kecamatan lain dalam Kabupaten Muba.

"Harga beras premium pada OP Beras Murah dipatok sesuai harga dari Pemerintah yaitu Rp8.500 per kg," tandasnya.

BACA JUGA:Tersandung Kasus Pembunuhan, Kades Tampang Baru Divonis 2 Tahun Perkara ADD

Terpisah, Pj Bupati Muba H Apriyadi menyatakan sesuai arahan presiden RI Joko Widodo. Upaya yang harus dilakukan pertama harus menggarap produksi dan pasokan.

Kepala Daerah mengajak Petani menanam Cabai Merah, untuk memenuhi pasokan. Arahan tersebut sudah kita tindak lanjuti.

"Kita saat ini sudah mengajak seluruh masyarakat baik dari petani sampai seluruh ASN untuk menanamkan cabe serta tanaman pangan lainnya di lingkungannya masing-masing," ungkap Apriyadi.

"Termasuk, terkait dengan ongkos transportasi dan lain sebagainya sudah kita upayakan guna mendukung Pengendalian Inflasi ini. Dan dalam waktu dekat ini kita juga akan melaksanakan Operasi Pasar Beras Murah. Semoga langkah yang dilakukan Pemkab Muba ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya," pungkas Apriyadi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: