Surplus, Sumsel Kirim Beras ke DKI Jakarta

Surplus, Sumsel Kirim Beras ke DKI Jakarta

Ilustrasi.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Provinsi Sumatera Selatan mengirim 21 unit truk setara 494 ton beras untuk kebutuhan DKI Jakarta menjaga ketahanan pangan nasional. 

Panen raya kelompok pangan beras di Sumatera Selatan pada 2023 mengalami peningkatan secara signifikan. Bahkan mencapai surplus.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumatera Selatan (Sumsel) R Bambang Pramono memastikan bahwa panen raya di Sumatera Selatan akan terus berlangsung hingga pertengahan tahun 2023.

"Ya, panen raya beras tahun ini cukup melimpah. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, wilayah Sumsel mampu mengirim beras untuk kebutuhan DKI Jakarta," kata Bambang, Selasa 7 Februari 2023.

BACA JUGA:Pekan ke 4 Januari 2023, Harga Beras Stabil, Minyak Goreng Kemasan Naik

Lanjut Bambang, pada bulan Maret mendatang, penambahan produksi bisa mencapai 488.781 ton atau bila dikonfersi beras bisa mencapai 280.683 ton.

"Kita siap mendukung produksi beras di Indonesia," ujarnya.

Dikatakan Bambang, pengiriman beras tersebut guna menjaga kestabilan ketahanan pangan secara nasional. Terlebih, Sumatera Selatan tahun ini mencapai panen surplus, dan termasuk salah satu provinsi yang diarahkan Menteri Pertanian untuk menjaga ketahanan pangan.

"Secara keseluruhan panen kita surplus. Dan itu menjadi andalan kita untuk mensuplai ketahanan pangan nasional," tuturnya.

BACA JUGA:OKI Mulai Panen Raya Padi, Stok Beras Sumatera Selatan Aman

Sementara, berdasarkan data yang dikeluarkan BPS, luasan panen di Sumsel mencapai 77.203 hektare atau setara dengan gabah kering giling (GKG) sebanyak 393.489 ton dengan produksi berasnya mencapai 225.961 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: