Sudah Tahu Belum, Belajar Memainkan Alat Musik Ternyata Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

Sudah Tahu Belum, Belajar Memainkan Alat Musik Ternyata Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

Belajar memainkan alat musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.--net

SUMEKS.CO - Sudah tahu belum?  Musik adalah salah satu terapis yang paling ampuh bagi beberapa orang yang digunakan untuk menghibur, penenang ataupun penghilang stress.

Belajar musik memang bukanlah suatu kewajiban, namun belajar memainkan alat musik bisa memberikan wawasan dalam dunia musik untuk melatih empati. 

Selain itu juga menumbuhkan musikalitas kepuasan diri, yang dapat juga melatih kemampuan motorik dan sensitivita telinga dalam mengembangkan semua indra.

Dilansir dari sebuah penelitian di University of Bath, Inggris, bahwa belajar bermain musik terdapat banyak manfaat bagi tubuh. Terutama dalam mengasah dan meningkatkan kemampuan otak serta menerjemahkan penglihatan dan suara.

BACA JUGA:Top Chart 5 Lagu Spotify yang Sering Diputar Penikmat Musik di Indonesia

Manfaat lain yang ditunjukkan dalam belajar bermain musik adalah meningkatnya mood dan beberapa hal lain seperti berikut ini : 

1. Mempelajari budaya lain

Dalam pengertian lain, musik juga slah satu bentuk budaya yang dimiliki setiap negara dengan ciri khas masing-masing. 

Seperti biola,terompet juga piano dikenal sebagai alat musik dengan genre klasik dan jazz di Amerika Serikat. Jika mempelajarinya sekaligus juga belajar budaya dari negara tersebut.

BACA JUGA:Sinergi Pemerintah dan Industri Musik Dorong Adopsi Digitalisasi Bermusik

2. Meningkatkan daya ingat

Selain meningkatkan konsentrasi, tentunya dalam mempelajari suatu hal yang baru seperti bermain musik pasti akan menghafal dan mengingat tangga nada dan juga not balok. 

Dalam penelitian sciencedaily membuktikan bahwa seseorang yang belajar di dunia musik akan lebih meningkatkan daya ingat dibanding seni lainnya. Penelitian ini sudah di publikasi oleh Jurnal Brain.

3. Melatih konsentrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: