Gema Patas Kementerian ATR/BPN Pasang Patok Anti Cekcok Anti Caplok di Kabupaten OKI Target 1.500 Patok

Gema Patas Kementerian ATR/BPN Pasang Patok Anti Cekcok Anti Caplok di Kabupaten OKI Target 1.500 Patok

Pemasangan patok tanah milik Pemkab OKI yang mendapatkan hibah warga di Kelurahan Kayuagung Asli, disaksikan Sekda OKI, Kantah OKI dan forkofimda, Jumat 3 Februari 2023.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan pemasangan 1 juta patok secara serentak di seluruh Indonesia, Jumat 3 Februari 2023.

Kegiatan pemasangan patok ini merupakan upaya mengakselerasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gema Patas).

Pelaksanaan pasang patok anti cekcok dan anti caplok, di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Kelurahan Kayuagung Asli. 

Sebelumnya pemasangan patok, lebih dulu mendengarkan kegiatan pelaksanaan pemasangan juta patok secara serentak di seluruh Indonesia secara virtual. Kegiatan virtual diikuti dari Kantor Kelurahan Kayuagung Asli, bersama forkofimda OKI, Jumat 3 Februari 2023.

BACA JUGA:Program Gema Patas Kementerian ATR/BPN di Ogan Ilir, Kantor Pertanahan Pasang 1.500 Patok

Dikatakan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten OKI, Zamili A.PTNH SH MH, tujuan Gema Patas ini adalah menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang tanda batas pada tanah yang dimiliki. 

"Juga bertujuan menekan konflik dan sengketa. Untuk Kabupaten OKI target pemasangan patok sebanyak 1.500 di wilayah Kelurahan dan Kecamatan," ungkapnya. 

Dijelaskan Zamili, dari target 1.500 pemasangan di Kabupaten OKI ini terdapat di 8 Kelurahan dan Kecamatan Tulung Selapan. Pelaksanaanya selama 7 hari ke depan selesai. 

Lokasi pemasangan patok di Kabupaten OKI ini masuk program PTSL tahun 2023 ini. Sehingga ini dilakukan juga mempercepat PTSL yang ada di OKI. 

BACA JUGA:Pulau Kemaro Banjir Pengunjung Cap Go Meh, Panitia Sediakan Penyeberangan Fery Gratis

"Selain itu, untuk pengamanan aset dan menjamin kepastian batas bidang tanah," jelasnya didampingi Sekda OKI, H Husin SPd, kepada SUMEKS.CO.

Zamili menyampaikan, berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten OKI telah mendukung kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten OKI, H Husin Spd mengatakan, pemerintah Kabupaten OKI sangat mempresiasi kegiatan Gemapatas ini. Yakni bertujuan mencegah konflik agraria. 

"Mari sama-sama kita sukseskan pemasangan 1 juta patok ini merupakan langkah awal," tukasnya. 

Sumber: